Home » , , , , , , » Si Pemimpin Kecil Penerus Generasi Bangsa

Si Pemimpin Kecil Penerus Generasi Bangsa

Anak adalah anugrah yang terindah dari Tuhan untuk kita.  Anak adalah harapan dan masa depan bangsa.  Mau jadi seperti apa bangsa kita nanti ? tentunya ini bergantung dari peran kita sebagai orang tua untuk mencetak generasi penerus yang berkualitas, handal dan mempunyai jiwa pemimpin.  Disinilah peran Ibu sungguh berpengaruh penting dalam masa pertumbuhan anak.  Apa sajakah yang perlu ibu lakukan untuk mempersiapkan penerus masa depan yang berkualitas, handal dan berjiwa pemimpin ? 

Dari awal kehamilan seorang ibu harus benar-benar memperhatikan gizi dan nutrisi untuk janinnya, karena gizi pada ibu hamil merupakan investasi kesehatan dan kecerdasan bagi sang anak.  Mengontrol dengan baik tumbuh kembang janin dalam kandungan dengan pemeriksaan rutin ke dokter tiap bulan dari awal kehamilan hingga saatnya waktu melahirkan, untuk memastikan bahwa sang bayi nantinya akan lahir dengan sehat dan sempurna.




Saat si kecil lahir, ibu pun harus tetap memberikan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayinya.  ASI (Air Susu Ibu) adalah nutrisi yang terbaik bagi bayi. Memberikan ASI Eksklusif sedikitnya selama 6 bulan, memiliki berbagai manfaat bagi Ibu, serta membentuk ikatan Ibu dan si kecil.  ASI mengandung DHA dan AA yang berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan sel-sel otak si kecil dan juga enzim yang membantu proses pencernaan serta kolostrum yang keluar pada hari-hari pertama melahirkan, melindungi si Kecil dari bibit penyakit.  

 

Saat berusia lebih dari 6 bulan, maka si kecil harus mulai diperkenalkan dengan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) yang dibutuhkan bagi perkembangannya, karena minum ASI saja sudah tidak mencukupi kebutuhannya. Dalam hal ini, ibu harus bijak dalam memilih bahan makanan untuk bayinya.  Bahan makanan haruslah mengandung nutrisi dan gizi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang si kecil misalnya vitamin (terutama vitamin C, B1, dan B3), DHA, omega-3, dan mineral (terutama zat besi). Hal ini merupakan salah satu upaya ibu agar nantinya si kecil tumbuh cerdas, aktif, kreatif dan berjiwa pemimpin.

Pada dasarnya kecerdasan anak dipengaruhi oleh 2 faktor yakni, faktor genetik dan faktor stimulasi. Genetik merupakan hal-hal yang diwariskan oleh orang tua yang mempengaruhi pertumbuhan dan fungsi sang anak, di antaranya adalah kondisi fisik. Faktor ini sudah tidak bisa diubah, karena merupakan faktor warisan dari orang tua.  Sedangkan stimulasi adalah faktor-faktor lingkungan di sekitarnya yang mempengaruhi tumbuh kembang seorang anak, dalam hal ini pengaruh dari keluarga, teman sebaya, teman sekolah, lingkungan tetangga, kebudayaan, media, lingkungan sosial yang lebih luas dan lingkungan fisik sangat berpengaruh. Lalu, apa yang perlu orang tua terutama ibu lakukan agar kecerdasan si  kecil dapat  tumbuh dengan optimal? 

Upaya mencerdaskan anak secara optimal melalui nutrisi dan gizi sudah ibu lakukan sejak awal kehamilan, kelahiran hingga anak tumbuh dewasa.  Maka hal lain yang perlu ibu stimulasi sejak dini adalah mengasuh, mendidik dan mengajarinya sebaik mungkin.  Hal ini tidaklah mudah, karena memerlukan waktu, kesabaran, kedisiplinan, cinta dan kasih sayang yang besar dari ibu untuk si kecil.  Kenali apa saja kebutuhan si kecil yang penting untuk kita perhatikan. 

Kebutuhan akan cinta, perhatian dan kasih sayang, dapat ibu penuhi dengan cara, menyediakan waktu untuk melakukan aktifitas bersama si kecil, memberikan pelukan, ciuman, serta sentuhan hangat penuh kasih sayang.  Hal ini dapat mempengaruhi kecerdasan emosionalnya di masa ia tumbuh semakin dewasa nantinya.   

Kebutuhan akan kebebasan berekspresi, dapat ibu penuhi dengan cara memberikan kebebasan pada anak untuk melakukan apa yang jadi minat dan hobby positifnya namun tetap memberikan bimbingan dan support yang baik. Hal ini nantinya akan menumbuhkan keberanian dia untuk tampil mengekspresikan diri di depan banyak orang.   

Kebutuhan akan rasa dihargai, diakui dan diterima oleh orang-orang disekitarnya, dapat ibu penuhi dengan cara, memberikan penghargaan saat dia selesai melakukan tugasnya dengan baik, misal dengan bertepuk tangan dan mengatakan "Adik hebattt...", "Hore... adik pintarrr..", ataupun dengan sanjungan dan pujian melalui ciuman. Saat dia melakukan kesalahan, janganlah ibu  menghukumnya, namun bimbinglah dia untuk melakukan hal yang benar.  Ucapkanlah kalimat yang positif, karena dengan kata-kata positif akan lebih baik untuk perkembangan kecerdasan emosi si kecil dan hal itu akan menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat pada dirinya.  Sifat seperti inilah yang dibutuhkan oleh seorang calon pemimpin. 

Semua upaya diatas, serta mengajari anak untuk peduli pada orang-orang disekitarnya, bersosialisasi pada lingkungan sekitarnya  dengan memberikan contoh yang baik padanya sekecil apapun.. misal, menyapa tetangga yang lewat, membantu orang-orang yang membutuhkan dll. Mengajari anak untuk beribadah, berdisiplin dan bersopan santun, semuanya itu adalah pola asuh anak yang baik. 

Dengan ibu memberikan pola asuh yang baik untuk anak-anaknya, maka itu artinya ibu sudah mempersiapkan sedini mungkin untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas, handal dan berjiwa pemimpin.

Siapa sih yang tidak bangga kalau anak-anak kita menjadi anak yang berkualitas dan berjiwa pemimpin sebagai generasi penerus bangsa ?  Mari ibu, mainkan peran kita.. persiapkan sedini mungkin dan berikan pola asuh yang terbaik untuk anak-anak kita...!  :)



Tulisan ini aku ikutsertakan dalam #lombablogNUB dengan tema "Peran Ibu Untuk Si Pemimpin Kecil" yang dipersembahkan oleh Nutrisi Untuk Bangsa (SARIHUSADA)









Share this article :

38 komentar:

  1. baik bu lina, artikel ini saya simpan guna saya terapkan pada anak saya kelak, selain nutrisi dan gizi, juga perlu sanjungan untuk mengapresiasi anak agar lebih bersemangat dalam berprestasi.

    BalasHapus
  2. Sayang kebanyakan anak anak kita lebih banyak dicekokin vitamin nutrisi dll dll tanpa diimbangi pelatihan sistem kekebalan tubuh dengan banyak melepas anak bermain tanah misalnya. Kelihatan banget dari komentar tetangga yang heran lihat Ncit dan Ncip ga pernah aku larang main di sawah atau mandi di selokan, hehe...

    BalasHapus
  3. saya belum punya anak mbak,,, hehe.. tapi keopanakan2 saya banyak, mungkin tips2 diatas nanti akan saya bagi ke saudara2 saya

    BalasHapus
  4. Selain itu.. Dg pemberian contoh yg nyata dari sikap dan perilaku orang tua kepd anak lebih besar pengaruhnya ketimbang kita hanya memberikan sesuatu lewat omongan atau ucapan ya mbak..

    BalasHapus
  5. Anak adalah tanggung jawab orang tua untuk mendidik dan mengarahkannya. Membimbing mereka meraih apa yang dicita citakannya. Kebahagian orang tua manakala melihat anak bisa maju dan berkembang dengan baik

    BalasHapus
  6. Dan apa yang disampaikan akan jelas kelihatan bukti nyata, anak2 yang biasanya diberikan asupan gizi yang baik dan seimbang akan lebih energik dan cerdas dibanding dengan anak2 yang kurang asupan yg berkualitas...

    Semoga sukses lombanya...

    BalasHapus
  7. artikelnya bagus banget memang anak harus diperhatikan terutama ASI (Air Susu Ibu).. tapi sayang saya seorang bapak yang tak mampu memberikan asi ya terpaksa ku serahkan perannya pada Istri saya hehehe... dan tentunya anak jangan terlalu dikekang mau main lumpur disawah, mencari ikan di kali atau parit karena itu menumbuhkan percaya diri ...

    semoga kontesnya menang ya mbak dan jadi juara

    BalasHapus
  8. Anak adalah amanat yang luarbiasa istimewa dibanding dengan mata benda dunia lainnya. Sudah semestinya memberi asupan gizi yang terbaik sejak anak dalam kandungan dan dan saat balita, karena itu Fondasi didalam Merawat, mendidik, menjaga, mengarahkan anak sejak mulai dalam andungan sampai anak menjelang dewasa hinga bisa memikirkan sebab akibat akan segala yang di perbuatnya hinga tidak salah arah dan menjadi pemimpin untuk kebaikan untuk diri keluarga dan sesama.

    BalasHapus
  9. artikel yang sangat berguna sekali gan
    anak itu harus lebih dijaga dengan baik dan dibimbing

    BalasHapus
  10. anaknya harus lebih di perhatikan biar mereka merasa di sayangi

    BalasHapus
  11. thnks yaa infonya. jangan lupa kunjungi balik yaa

    BalasHapus
  12. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    BalasHapus
  13. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    BalasHapus
  14. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    BalasHapus
  15. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

    BalasHapus
  16. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang
    besar pada teknologi baru. Terima kasih telah berbagi

    BalasHapus
  17. Artikelnya sangat luar biasa menakjubkan sekali, di tunggu update selanjutnya yang lebih menarik dan bagus lagi

    BalasHapus
  18. bieber selena Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini

    BalasHapus
  19. free music
    Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    BalasHapus
  20. angelina jolie movie Anda memiliki postingan yang sangat berguna. Terima kasih telah berbagi ...

    BalasHapus
  21. real madrid vs bayern munchen Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini

    BalasHapus
  22. download gabar bunga. Saya menemukan banyak pengetahuan setelah mengunjungi postingan Anda terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
  23. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!
    gosip Lolita Putri

    BalasHapus
  24. artis cantik foto
    blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang besar pada teknologi baru.

    BalasHapus
  25. maps surabaya
    Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    BalasHapus
  26. Www Situs Dewasa Gambar Perawan Bugil Com
    Di mana lagi orang bisa mendapatkan jenis informasi sedemikian cara yang sempurna untuk menulis? kalau bukan dari blog ini :)

    BalasHapus
  27. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.
    bokep kartun 3 dimensi

    BalasHapus
  28. KompasQQ memberikan Promo & Bonus untuk saat ini :
    • Bonus Referral 10% + 10% (Pembagian Setiap Hari Senin Jam 12:00)
    • Bonus TurnOver 0.5% (Pembagian Setiap Hari Senin)

    KOMPASQQ menyediakan 6 Game Terbaik dalam 1 Website, dapat di mainkan 1 Account.
    ( Player VS Player 100% No ROBOT )
    > Bandar Poker ( NeW..!!! )
    > Poker Online
    > Capsa Susun
    > DominoQQ
    > BandarQ
    > AduQ
    > Sakong
    Dan ada juga GAME #SABUNG AYAM, #ROULETTE dan #SLOTGAME

    Minimal Deposit & Withdraw HANYA @Rp 15.000,- SAJA..!!!
    Menyediakan 5 BANK lokal untuk mempermudah transaksi.
    #BCA #BNI #BRI #MANDIRI #DANAMON

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi NO PORNO, NO SARA dan NO SAMPAH yah..
Gunakan akun atau link anda, agar aku bisa mengunjungi anda kembali..
Terima kasih.. :)

Last Comment

Recent Comments Widget
 
Support : Maskolis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. sharingyuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger