Home » » 3 Faktor yang Mempengaruhi Libido Perempuan

3 Faktor yang Mempengaruhi Libido Perempuan

Permasalahan gairah seksual tidak hanya berlaku untuk lelaki saja namun juga berlaku untuk perempuan. Ada berbagai hal yang bisa mempengaruhi gairah seks (libido). Namun pada dasarnya, hal-hal inilah yang paling sering mempengaruhi libido perempuan. Apa saja hal tersebut dan apa yang harus dilakukan?



1. Gangguan Psikologis

a. Kurang Percaya Diri. Rasa percaya diri yang minim membuat seorang perempuan kehilangan libido. Contoh : karena tidak puas akan kondisi tubuh entah itu kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan, Anda tidak nyaman untuk menampilkan diri apa adanya di depan pasangan Anda dan akibatnya Anda tidak merasa bergairah jika pasangan mengajak untuk bercinta dan tidak menikmati aktivitas tersebut.

b. Stres. Masalah pekerjaan, keluarga, keuangan atau pribadi yang berlarut-larut membuat Anda stres. Dan hasilnya, stres membuat Anda tidak bisa menikmati aktivitas lain termasuk seks. Sebaiknya Anda segera keluar untuk mencari relaksasi dan solusinya.

c. Cemas atau gelisah. Libido juga bisa turun jika Anda merasa takut pada aktivitas seks. Ketakutan atau kecemasan berlebihan disebabkan karena beberapa hal seperti trauma karena pelecehan seksual atau ketakutan lainnya. Langkah yang harus Anda lakukan adalah mengungkapkan kecemasan ini pada pasangan. Minta waktu untuk menenangkan diri dan dapatkan dukungan pasangan. Jika Anda tidak bisa menghadapinya, wajib bagi Anda untuk mengonsultasikan kepada psikolog.



2. Gangguan Fisik

a. Kurang Olahraga. Apakah Anda tahu, dengan berolahraga, Anda akan lebih bergairah? Tidak perlu olahraga berat, cukup joging secara rutin atau bersepeda, aliran darah Anda akan menjadi lancar, demikian juga produksi hormon tubuh Anda. Olahraga membuat Anda sehat baik tubuh maupun kesehatan seksual.


b. Diet Tidak Sehat. Diet memang sering dilakukan oleh kaum perempuan untuk menurunkan berat badan, namun diet yang dilakukan tanpa pengawasan dan tidak sesuai dengan kondisi tubuh, justru dapat membuat tubuh lemas dan sakit. Ketika tubuh lemah dan kekurangan nutrisi otomatis gairah seks menurun. Cobalah untuk berkonsultasi pada ahli gizi dahulu sebelum Anda berdiet.

c. PMS (Pre Menstrual Syndrome). Tentunya Anda sangat mengenali pengaruh tamu bulanan dan sindroma pramenstruasi yang membuat Anda jadi lebih sensitif karena ketidaknyamanan dari perubahan hormon yang sedang terjadi. Tentu saja hal ini menurunkan gairah seksual Anda. Solusinya? Minum air putih yang banyak dan berolahraga atau melakukan aktivitas relaksasi.



3. Alat Kontrasepsi

Alat kontrasepsi sangat diperlukan untuk mencegah kehamilan. Seharusnya dengan alat kontrasepsi, kehidupan seksual Anda lebih aktif karena tidak ada ketakutan akan hamil. Salah satu alat kontrasepsi yang paling banyak dipakai adalah kontrasepsi hormonal dengan Pil KB Kombinasi. Pil KB ini mengandung 2 komponen bahan aktif. Estrogen dan progesterone.

Progesterone dalam pil tersebut berfungsi untuk mengentalkan lendir serviks dan mengurangi kemampuan rahim untuk menerima sel yang telah dibuahi. Namun hormon ini juga mempermudah perubahan karbohidrat menjadi lemak, sehingga sering kali efek sampingnya adalah penumpukan lemak yang menyebabkan berat badan bertambah dan menurunnya gairah seksual. Beberapa pendapat dari ahli, efek tersebut tergantung dari ketahanan tubuh dari si pemakai. Anda bisa konsultasikan dulu alat kontrasepsi yang sesuai untuk Anda.

Pada dasarnya, untuk mencapai kehidupan seksual yang sehat dan berkualitas patut didukung dengan kesehatan tubuh yang sehat baik fisik dan psikis dengan menjalani pola hidup sehat.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi NO PORNO, NO SARA dan NO SAMPAH yah..
Gunakan akun atau link anda, agar aku bisa mengunjungi anda kembali..
Terima kasih.. :)

Last Comment

Recent Comments Widget
 
Support : Maskolis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. sharingyuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger