Home » » 3 Pembunuh wanita

3 Pembunuh wanita

Dari milis tetangga.

JIKA selama ini Anda mengira penyakit pembunuh no 1 untuk wanita ada kanker, mungkin Anda harus berfikir ulang lagi, meski kanker memang sangat membahayakan. Lalu apa yang lainnya? Tahu tidak, sebagian besar wanita di Amrik meninggal karena serangan jantung! Nah, di sini akan dibahas 3 penyakit yang banyak membawa kematian bagi wanita :


A. Penyakit jantung

Sebagian besar wanita terkejut dengan fakta ini. Kita sudah terbiasa mengira kanker payudara adalah pembunuh nomor satu bagi kaum perempuan. Namun kenyataanya, serangan jantunglah yang paling bertanggung jawab atas kematian pada perempuan ketimbang kombinasi berbagai jenis kanker. Serangan jantung merupakan isu kesehatan yang paling signifikan di AS dewasa ini. Penyakit ini mengakibatkan kematian tak kurang dari 366.000 kasus setiap tahunnya.

Buang mitos bahwa serangan jantung lebih banyak diderita kaum pria! Faktanya, lebih banyak wanita yang meninggal kena serangan jantung di AS setiap tahunnya. Namun menurut data American Heart Association (AHA), hanya sekitar 8% wanita mengetahui serangan jantung merupakan factor utama yang mengancam kehidupan mereka. Ironis sekali!

Kabar baiknya adalah: Penyakit jantung merupakan kondisi kesehatan yang paling bisa dicegah. Mau terhindar dari penyakit jantung sejak dini? Ini yang perlu Anda lakukan:

1. Jauhi rokok, batasi alkohol

2. Konsumsi makanan kaya buah-buahan, sayur-mayur dan kacang-kacangan

3. Olahraga teratur

4. Rajin mengontrol kesehatan yang menjadi pemicu serangan jantung, seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan kolesterol tinggi

5. Jika Anda memiliki risiko penyakit jantung, dokter mungkin akan menyarankan Anda mengonsumsi aspirin dalam dosis rendah secara harian.



B. Kanker

Fakta yang perlu Anda tahu adalah kanker yang paling banyak menyebabkan kematian bagi wanita, menurut data American Cancer Society (ACS) bukanlah kanker payudara, melainkan kanker paru-paru! Terkejut? Ya. Diperkirakan pada tahun 2002 sekitar 66.000 wanita di AS meninggal karena kanker paru-paru, dimana 90% dari jumlah kematian itu terkait dengan rokok. Kanker payudara menjadi penyebab kematian berikutnya bagi wanita di AS. Diperkirakan lebih dari 203.000 wanita didignosa mengidap kanker payudara pada 2002. ACS menestimasikan sekitar 40.000 perempuan meninggal setiap tahunnya akibat kanker payudara.

Minimal sepertiga kematian akibat kanker dihubungkan dengan gizi dan faktor gaya hidup yang dapat kita kendalikan. Ini resep mengurangi risiko terkena kanker:

1. Jangan merokok

2. Olahraga teratur

3. Konsumsi makanan bergizi

4. Hindari terpapar sinar matahari berlebihan

5. Batasi alkohol

6. Lakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh

7. Ketahui sejarah catatan medis keluarga dan bicarakan hal itu dengan dokter


C. Stroke

Sekitar 167.000 orang di AS meninggal karena stroke setiap tahunnya, dan hampir dua pertiganya adalah wanita. Stroke tak hanya pembunuh wanita nomor tiga besar, namun juga sebagai penyebab cacat dan kelumpuhan. Aktivitas merokok dan tekanan darah yang tidak terkontrol merupakan factor risiko penting untuk stroke.

Meski stroke sangat bisa dicegah, namun faktor risiko tertentu seperti sejarah keluarga, usia, jenis kelamin dan ras tak bisa dikendalikan. Coba cegah stroke dengan:

1. Tidak merokok

2. Kendalikan tekanan darah

3. Turunkan kolesterol

4. Batasi lemak jenuh

5. Olahraga teratur. (hwc)
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar, tapi NO PORNO, NO SARA dan NO SAMPAH yah..
Gunakan akun atau link anda, agar aku bisa mengunjungi anda kembali..
Terima kasih.. :)

Google+

Last Comment

Recent Comments Widget
 
Support : Maskolis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. sharingyuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger