Home » » Kejernihan Hati

Kejernihan Hati

Sepasang suami-istri muda yang baru menikah menempati sebuah rumah di sebuah kompleks perumahan..


Suatu pagi, sewaktu sarapan, sang istri melalui jendela kaca mereka, melihat tetangganya sedang menjemur kain. 

" Cuciannya kelihatan kurang bersih ya", kata sang istri.
"Sepertinya dia tidak tahu cara mencuci pakaian dengan benar.. Mungkin dia perlu sabun cuci yang lebih bagus."

Suaminya menoleh, tetapi hanya diam dan tidak memberi komentar apapun.....

Sejak hari itu setiap wanita tetangganya menjemur pakaian, selalu saja sang istri memberikan komentar yang sama tentang kurang bersihnya si tetangga mencuci pakaian-pakaiannya.  Seminggu berlalu, sang istri heran melihat pakaian-pakaian yang dijemur tetangganya terlihat cemerlang dan bersih, dan dia berseru kepada suaminya.

"Lihat, sepertinya dia telah belajar bagaimana mencuci dengan benar..... Siapa ya kira-kira yang sudah mengajarinya?"

Sang suami berkata, "Saya bangun pagi-pagi sekali hari ini dan membersihkan jendela kaca kita.".....

Dan begitulah kehidupan. Apa yang kita lihat pada saat menilai orang lain tergantung kepada kejernihan pikiran (jendela) lewat mana kita memandangnya...



Share this article :

53 komentar:

  1. Setuju sekali...

    Mohon maaf juga, mari kita sambut Ramadhan :)
    Mari kita jernihkan hati dan pikiran kita

    Senyum si bungsu manis banget...

    BalasHapus
  2. oh ternyata jendelanya yg kurang bersih
    hehe

    mari kita bersihkan jendela di bulan suci ini :)

    BalasHapus
  3. Seperti itulah gambaran tentang kita, sibuk mencari menilai orang lain, padahal kacamata yg kita gunakan salah... hehehe

    Selamat menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan, semoga amal ibadah kita mendapatkan ridhoNYA. Amin..

    BalasHapus
  4. Pelajaran dengan hikmah yang amat menarik bagi kita. Bila kita 'melihat' dengan 'kacamata hitam', maka 'hitamlah' apa yang kita lihat. Begitu pula bila kita melihat dengan 'kacamata merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu'. Karena itu kita harus terus berbenah dan selalu introspeksi diri agar memiliki kepribadian dan karakter yang menawan. Alangkah indahnya hidup ini jika kita memiliki hati yang jernih. Menjadi dambaan keluarga Indonesia yang bahagia dan sejahtera.

    BalasHapus
  5. naaaah... seperti itulah dosa kita, alhamdulillah kesempatan yang baik ini kita masih dapat dipertemukannya kembali pada bulan yang agung, bulan yang penuh rahmat, berkah dan maghfiroh.
    kesempatan yang baik ini kita khusyukkan untuk mencuci diri kita agar kinclong kembali dengan menunaikan ibadah shaum.

    SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH SHAUM, MOHON MA'AF LAHIR DAN BATHIN

    BalasHapus
  6. salam sobat
    benar mba Lina, kita bisa melihat dari kejernihan jendela dan pikiran hati kalau memandang seseorang.
    selamat menyambut bulan suci ramadhan
    mohon maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  7. pakde setuju banget
    kalo kita sedang tidak suka dengan seseorang, maka semua yang dikerjakan orang itu tidak pernah benar menurut pandangan kita

    moga sukses selalu

    BalasHapus
  8. Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin!

    BalasHapus
  9. Untuk semuanya Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin!

    BalasHapus
  10. whuahahaha... jenaka nih ceritanya... keren2.. ada pesan moralnya lagi.. ^^
    Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin!

    BalasHapus
  11. setuju mbak.. saya suka dengan motivasi yang dibalut humor ..
    seperti seeorang yang ditanya tentang batas langit dan bumi:
    bumi yang terhampar dan langit yang begitu luas, dimanakah batasnya?
    orang itu menjawab: 'batasnya ada di dalam pikiran' .. mohon maaf lahir batin.. met menjalankan ibadah puasa :)

    BalasHapus
  12. semut di seberang Lautan terLihat tetapi gajah dipeLupuk mata tidak terLihat.
    mari kita bersihkan hati daLam Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf lahir dan batin.

    BalasHapus
  13. :alkatro lagi di jalan mbak, templatenya mbak lina yang ini dibackup saja, attachment .. dikirim ke email, insya allah saya bantuin.. hacicuo at gmail.com :)

    BalasHapus
  14. baLik Lagi untuk mengucapkan, seLamat berakhir pekan dan seLamat beristirahat. terima kasih.

    BalasHapus
  15. yap..lihatlah keluar jangan hanya dari jendela sempit saja,karena pandahan kehidupan kita akan sebatas jendela itu saja..
    =======
    pesan moral : sabun berkualitas dpt menghangatkan hubungan suami-istri..hehe

    BalasHapus
  16. Sebuah ilusi hati yang dimanipulasi oleh medium yg kotor..selamat petang mbak lina

    BalasHapus
  17. Sejenak tafakur dalam kehingan……..
    Memaknai arti hidup dalam seraingkaian khilaf dan dosa…..
    Lisan kadang tak terjaga,….
    Jannikadang terabaikan,……
    Hati kadang berprasangka,….
    Sikap kadang menyakitkan,…..
    Harapan ini akan menjadi indah…..
    Jika maaf & silahturrahim ada diantara kita.
    Selamat menempuh bulan suci Ramadhan 1431 Hijriah.
    Atas nama pribadi dan keluarga saya ucapkan
    Mohon maaf lahir dan batin.
    Semoga Allah selalu memberikan
    Taufiq, Hidayah, Maghfirah dan Ridho-Nya untuk kita semua.
    Amiiiii….n !

    Salam untuk keluarga

    BalasHapus
  18. thanks renungannya

    foto anaknya lucu sekali...

    (^__^)

    BalasHapus
  19. ah ... memang lebih mudah melihat kelemahan orang lain daripada kelemahan diri sendiri, nice posting sahabat.
    Marhaban ya Ramadhan
    Mohon maaf lahir & bathin

    BalasHapus
  20. KEBOSANAN JUGA MENJADI SALAH SATU PENYEBAB HILANGNYA SENSITIVITAS "INGIN BERKOMENTAR ATAU MENANGGAPI".

    BalasHapus
  21. blognya bagus, tp sayang kl blog bagus g dimanfaatkan untuk mendulang uang. ni saya ada tawaran. mau pesan akun google adsense ga? saya menyediakan service itu lho. service pembuatan google adsense sampek di approve, cuma nunggu 1 minggu dah di approve. murah kok cuma $15 via Paypal Verified atau 135 ribu transfer via mandiri. kl minat kirim form dibawah sesuai data diri anda ke unek.unek.ku@gmail.com
    Data Diri
    ************************************
    1. Nama = ..............................
    2. Alamat = ..............................
    3. Kota = ................................
    4. Kodepos = ..............................
    5. No Telepon = ...........................
    6. Provinsi = .........................
    7. Bayar Pake = ......................
    8. Atas nama siapa = .......................
    9. Status data = Mantan banned / baru

    BalasHapus
  22. @Jiox
    Berhasil...berhasil..berhasil..horeeee.... Thanks a lot bro... :)

    BalasHapus
  23. wah... bener sekali mbak... selamat menunaikan ibadah puasa ya... moga berkah Tuhan melimpah di bulan yang penuh rahmat ini...

    BalasHapus
  24. lama gak mampir nih mbak..hehehe
    suatu yg tampak negatif pasti ada sisi positifnya bila dilihat dari sudut pandang yg berbeda..

    link nya ganti jadi rahad2six.wordpress.com ya mbak..link nya mbak udah dipasang kok di blog baruku..

    BalasHapus
  25. setelah membaca komentar2 disini, saya baru ngerti maksud tulisannya hehe..oh gitu toh..
    benar juga ya, jadi supaya yg kita lihat selalu bersih adalah dengan husnudzon :)
    mau tukeran link gak, teh?

    BalasHapus
  26. Cerita yang luar biasa, sangat mengena. Terimakasih Mbak. Selamat berpuasa semoga kian Taqwa.
    Follow juga...

    BalasHapus
  27. wah saya terharu mba....ntar kalau ada waktunya nikah,,hehe pengen cepet-cepet nich..haha

    BalasHapus
  28. Thnks sob infonya..bermanfaat bagi yang membaca terutama saya khususnya..
    salam sukses selalu yah..selamat menjalankan ibadah puasa juga..ditunggu komment baliknya yah..

    BalasHapus
  29. jernihkan hati sucikan diri buat kgusuknya ramadhan :D

    BalasHapus
  30. fotonya lucu, selamat menjalankan ibadah puasa ya :)

    BalasHapus
  31. Mba lina saya punya kontes kecil2an nih ....

    Hanya dengan menjadi top commentator di http://fireworkslovers.com anda berhak mendapatkan sebuah modem. Hehe, gimana? Tertarik? Read more

    BalasHapus
  32. Slamat menunaikan ibadah puasa...foto nya lucu banget

    BalasHapus
  33. iya... memang cara pandang kita pada kehidupan menentukan bagaimana kita nantinya. cerita ringkas tapi penuh makna....

    BalasHapus
  34. analoginya pas banget, mbak lina. ternyata baik buruknya penilaian kita terjadap orang lain juga sangat ditentukan baik dan buruknya kualitas sudut pandang yang kita gunakan.

    BalasHapus
  35. ooo... tak kirain tetangganya dah beralih ke sabun cuci yg lain hahahahaah *korban iklan*

    BalasHapus
  36. betul kawan, tergantung dr mana lihatnya, salam ramadhan.

    BalasHapus
  37. Kita harus berpikir positif terhadap seseorang, memandang orang lain dengan kedua mata... bukan hanya dengan sebelah mata.

    Saat yang tepat menjernihkan hati dan pikiran, di awal ramadhan yang indah ini ^_^

    phonank mampir bu... hehe

    BalasHapus
  38. Salam kenal.. Numpang menitipkan Link disini.. :)

    BalasHapus
  39. Bila kata merangkai dusta..
    Bila langkah membekas lara…
    Bila hati penuh prasangka…
    Dan bila Ada langkah yang menoreh luka.Mohon bukakan pintu maaf…
    MARHABAN YAA RAMADHAN...

    SALAM BERKAWAND

    BalasHapus
  40. oh iya mba udah diperbaiki tuh link yang di postingan saya.. btw thx for commentnya yah.. mudah2an menang .... :)

    BalasHapus
  41. haha...bagus nih posting. bagaimana seseorang dapat mengeluarkan selumbar di mata saudaranya sementara balok di depan mata belum disingkirkan.

    BalasHapus
  42. Salam,
    Bagus sekali perkongsiannya.
    Semoga Ramadhan kali ini akan dapat menjernihkan jendela hati kita

    BalasHapus
  43. Sebelum selesai membaca saya pikir, sang suami memberikan bantuan sabun cuci untuk sang tetangga. Tapi ternyata diri kita ternyata yang harus dilihat.
    Saat yang tepat untuk mengkoreksi diri, untuk menghitung2 diri...mumpung momennya tepat. Bulan romadhon. Ayo kita sama2 doakan semoga kita semua bisa seperti sang suami tadi..

    BalasHapus
  44. ini cerpen apa cerita asli pengalaman penulis mas? sepertinya sangat nyata sekali

    BalasHapus
  45. ceritanya sangat menyentuh mbak! sangat bagus ceritanya

    BalasHapus
  46. halo juragan ..
    terima kasih sudah share info kekita :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi NO PORNO, NO SARA dan NO SAMPAH yah..
Gunakan akun atau link anda, agar aku bisa mengunjungi anda kembali..
Terima kasih.. :)

Google+

Last Comment

Recent Comments Widget
 
Support : Maskolis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. sharingyuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger