Home » » Cerita Ayam

Cerita Ayam


Di sebuah peternakan ayam, ada 25 ayam betina dan 1 ayam jago (jantan) yang umurnya sudah tua sekali. Karena merasa ayam jago yang tua tadi sudah melewati masa produktif-nya, si pemilik peternakan memutuskan  untuk membeli 1 ayam jago lagi yang masih muda. Tentu saja hal ini membuat si Ayam jago tua menjadi merasa tersaingi.
 
Hari disaat Ayam jago muda itu datang, si ayam jago tua melihatnya dengan rasa muak....

 
Si Tua    : Hei, kamu jangan serakah ya ! Ayam betinanya kan ada 25, kamu boleh ambil yang 15 sedang aku yang 10 ekor !
Si Muda : Tidak bisa. Kamu kan sudah tua dan loyo, pokoknya semua betina buat aku..
Si Tua   : Kalau begitu mendingan kita lomba saja, siapa yang menang boleh ambil semua ayam betina yang ada disini.
Si Muda : Boleh !!!  mau lomba apa ?
Si Tua   :  Lomba lari 100 m.
Si Muda : Ok, gak masalah (sok yakin)
Si Tua   : Tapi karena aku sudah tua, aku minta untuk lari duluan didepanmu 25 m
Si Muda : Boleh (dengan penuh keyakinan).

Lomba lari pun dimulai.  Ayam jago tua berlari lebih dulu. 25 meter kemudian Ayam jago yang muda menyusul dengan kecepatan dua kali lipat.  Eh, waktu hampir bisa nyusul ayam tua, tiba2... doorrr doorrr... si ayam jago muda menggelepar dan mati seketika ditembak oleh pemiliknya.

Sambil memungut ayam muda tadi, si pemilik menggerutu...

"SIAL !  INI AYAM JAGO-HOMO ke-10 YANG AKU BELI BULAN INI. BUKAN-NYA NGEJAR BETINA, EH.. MALAH NGEJAR AYAM JAGO TUA INI !!!."
 
Ini bukan sekedar cerita humor biasa lho, namun ada pesan moral yang terkandung didalamnya..  Apakah pesan moral itu ???  Coba tebak..
Share this article :

25 komentar:

  1. jangan ngelunjak ama yang lebih tua, soalnya yang tua lebih pengalaman...wkwkwkw
    benerga ya kira2...

    BalasHapus
  2. jangan sombong, jangan iri, ojo dumeh, dll... bener gak ya???

    BalasHapus
  3. ahahah bisa ja neh embak,.,.
    apa ya pesan moralnya ?!?!?! jadi bingung neh soalnya gak biasa membaca maksud2 dari cerita2 beginian yg tahu cuma makan-makan-makan he,,he,,he,,
    sory mbk yg saya tahu pesan moralnya cuma berebut masalah kawin aahahahhha,.,.

    BalasHapus
  4. ternyata jam terbang n pengalamanlah yg menentukan akal seseorang ya mbak...

    BalasHapus
  5. kecerdikan ayam tua dan kepintaran ayam tua..tapi g boleh dipraktekin untuk hal2 yang jelek hehehh..

    BalasHapus
  6. pelajaran apa yah... harus menghargai yang lebih tua, jangan percaya diri berlebihan, jangan serakah...
    Ditunggu yah jawaban benarnya :)

    BalasHapus
  7. pesan moral : ayam itu mengandung gizi yang bnyak,baik yang tua maupun yang muda,,ehehe

    *maaf,

    BalasHapus
  8. wkwkwkwkk cerita yang asik, salam dari blogger surabaya yang mencari teman sekomunitas untuk sharing, Ramlan

    BalasHapus
  9. banyak banget pelajaran yang bisa dipetik dalam cerita tersebut ...
    tidak boleh takabur atau sombong, hargai yang lebih tua (ayam yang tua harganya berapa sekilo bu .... huehehehe).... dan masih banyak lainnya ....

    BalasHapus
  10. he he he cerita yang menarik, dapat diambil kesimpulan bahwasanya kita haruslah bersifat rendah hati, menghormati & menghargai orang yang lebih tua, jangan egois, dan masih banyak lagi.

    Tiada seorang pemuda yang menghormati orang yang tua usianya, melainkan Allah akan menyediakan orang-orang yang akan menghormatinya jika ia telah tua usianya. (HR Turmudzi).

    Bahwasannya Allah telah mewahyukan kamu agar kamu bertawadlu (rendah hati) hingga tak seorang pun yang bersombong diri terhadap lainnya, dan tidak ada seorang pun yang menganiaya yang lainnya. (HR Muslim).

    BalasHapus
  11. yang tua menguasai medan tempur, jadi yang muda harusnya liat situasi dulu...oh ya jangan sombong juga ya...

    btw salam kenal mbak...kunjungan perdana nih...

    BalasHapus
  12. blm nangkep bener nih... gw pelajari dulu ya...

    BalasHapus
  13. Hahaha... ceritanya seru mbak.
    Ayam jago tua benar-2 serakah dan tak mau disaingi oleh yang muda.
    Selain itu ayam jago tua penuh siasat dan tipu daya.

    BalasHapus
  14. Ayam muda benar-2 sok dan meremehkan kemampuan ayam tua.
    Karena kesombongannya, ayam muda terjebak dalam siasat ayam tua.

    BalasHapus
  15. Hahahaha......
    *ngakak mode:on*

    kayaknya ayam Tua nih licik bgt dah..
    yang tua yang berpengalaman, Tua-tua keladi juga nih ayam...
    wakaakakaka

    BalasHapus
  16. Hihi, lucunya... Terima kasih Lina, untuk cerita lucunya.

    BalasHapus
  17. wkwkwkwkw.... kasian ayam jago mudanya. sadis amat pemiliknya maen dorr aja. btw, ayam ternyata raja singa juga, byk bini hihihihi

    BalasHapus
  18. waduh2 kasian ama yg muda..
    yg tua akalnya juga tua @ pintar..
    makanya carilah org tua utk menuntut ilmu..

    BalasHapus
  19. Ah, jadi bingung!!! nggak tua, nggak muda sama-sama serakah,,,

    BalasHapus
  20. hehehe.. menghibur sekali ceritanya..

    apa yah maknanya.

    emosi bisa menjadikan bumerang bagi kita, jadi kalau ada sesuatu masalah hendaklah berpikir lebih baik, hati panas tapi kepala harus dingin, dan solusi haruslah cerdik, kayak ayam .... cerdik nya minta jalan dulu... padahal dia punya misi tertentu...

    ayoo cerita lagi mbak lina :)

    BalasHapus
  21. ceritanya emang lucu nih...

    hmm...
    kecerdikan mengalahkan kekuatan...bener gak?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi NO PORNO, NO SARA dan NO SAMPAH yah..
Gunakan akun atau link anda, agar aku bisa mengunjungi anda kembali..
Terima kasih.. :)

Google+

Last Comment

Recent Comments Widget
 
Support : Maskolis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. sharingyuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger