Home » » Typhus

Typhus

Ini posting ke-2ku di tahun 2011. Sekedar sharing tentang penyakit typus yang kebetulan sudah sangat tak asing lagi bagi keluargaku, mengingat aku, suami dan 2 orang putriku semuanya pernah menderita penyakit ini.
Beberapa hari ini putri pertamaku Bee, menderita tipus.  Sejak kecil emang dia sudah terkena penyakit ini dan sering kali kambuh. Aktifitas yang lumayan padat, jarak sekolah dengan rumah yang lumayan jauh, pola makan yang tidak teratur, serta daya tahan tubuh yang sedang menurun, menyebabkan dia seringkali kecapekan sehingga memudahkan tipusnya kambuh lagi.

Gejala awal dari penyakit tipus atau bisa juga disebut dengan infeksi saluran pencernaan (usus halus) ini mirip dengan penyakit flu biasa, demam tinggi, seluruh badan terasa capek, lemas, mual, terasa sakit jika lambung ditekan, tidak nafsu makan dan bahkan ada juga yang disertai dengan gangguan buang air besar.  Demam tinggi terutama dimalam hari ini, susah sekali turun, dan untuk memastikan perlu dilakukan uji widal yang normalnya 1/160 (hasil uji widal Bee kemarin 1/320.. parah banget... T_T)

Karena ingin tahu lebih banyak tentang penyakit ini, maka aku tanyakan pada dokter serta search beberapa informasi dari mbah google dan aku rangkum seperti dibawah ini, sebagai pengingat untuk lebih berhati2 agar penyakit ini ga kambuh2 lagi...


Typhus (tipus) adalah penyakit yang disebarkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penularannya bisa melalui kontak antar manusia atau melalui makanan yang masuk ke dalam tubuh terutama air minum yang tidak bersih. Terutama jika kondisi daya tahan tubuh kita sedang menurun, maka kontak langsung dengan si penderita akan memudahkan kita untuk tertular tipus.  Oleh karena itu bagi penderita typhus hendaknya peralatan makan, minum, handuk dll dipisahkan agar tidak menulari anggota keluarga lainnya yang masih sehat. Penyakit ini bisa sangat berbahaya jika tidak segera dilakukan pengobatan sedini mungkin, karena dapat mengakibatkan pendarahan usus ataupun kebocoran usus..(hiiii.. ngeri banget yah..).

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi penderita tipus,
~  Hindari makan makanan berserat tinggi yang mengharuskan usus bekerja lebih keras untuk mencernanya, seperti buah2an, sayur2an, daging, puding dan yogurt.
~  Hindari makan makanan pedas, asam dan asin karena dapat mengakibatkan infeksi pada usus yang sedang mengalami luka.
~  Makanlah makanan yang lunak dan mudah dicerna, seperti nasi tim, bubur dan diberi kuah.
~  Kunyahlah makanan sampai sehalus mungkin sebelum ditelan.
~  Perbanyak minum, bila perlu minuman berisotonik, seperti pocari sweet dan mizone.
~  Makanan, minuman, peralatan makan dan minum harus benar2 higienis, jauh dari kuman.
~  Disiplin mimun obat yang diberikan oleh dokter.
~  Dan yang paling penting adalah bedrest, istirahat total agar proses penyembuhan bisa berjalan dengan cepat.

Untuk mencegah agar tipus tidak mudah kambuh lagi, (tapi ini yang masih sangat sulit diterapkan kepada Bee, karena anaknya susahhhh... buanget untuk dibilangi.. :( )
~  Jaga stamina dan kondisi tubuh dengan mengkonsumsi vitamin.
~  Olah raga yang teratur.
~  Pola makan yang teratur.
~  Luangkan cukup waktu untuk beristirahat, kurangi aktifitas yang melelahkan, karena bagi penderita tipus kondisi badan yang kecapekan akan sangat mudah terserang tipus lagi.
~  Imunisasi tipus (tapi aku masih perlu mencari info lebih tentang hal ini).

Gambar : clipart.com
Share this article :

41 komentar:

  1. Penderita Tiphus sama dengan Penderita Gula
    qta menghindar apapun yg dipakai penderitanya, seperti gelas, piring
    karna dapat menular katanya sih,,,betul gak mba

    BalasHapus
  2. ohh.. diabetes yah ? masa diabetes bisa menular sih bro ??? ntar deh..aku cari info dulu tentang hal itu.. :)

    BalasHapus
  3. sebenarnya tulisan yg betul itu typus, tipes, tipus sich mbk?...tapi kayanya benar semua kali ya...
    alhandulillah saya belum pernah mengalami penyakit ini mbk, tapi jngan sampe dagh dapet ini penyakit.
    kata orang2 disekitar saya sich biar jauh dari penyakit ini istirahat yg cukup jngan di banyakin begadang apalagi sampe minum2an wadohh bisa payah tuh xoxo...(katanya)

    BalasHapus
  4. nice sharing:)
    blognya sudah saya follow ya ^^

    BalasHapus
  5. jangan sampe deh kena tipus,,banyak" minum air putih aj,,hehe folow balik ya?? thx

    BalasHapus
  6. sangat menarik mbak,,terima kasih atas infonya ^_^

    BalasHapus
  7. wew...langganan tipussss. thanks sharingnya nihh..moga2 sih gak kena hehehe

    BalasHapus
  8. Pernah kena juga, apapun yang masuk mulut pahit!

    BalasHapus
  9. wahhhh... nice info nih... sangat bermanfaat n bisa nambah wawasan..

    sip sip...

    Chalief

    BalasHapus
  10. tipeeessss... pernah ngalamin juga tuuh penyakit, memang anjuran dokter benar sekali yang menasehati kurangi aktivitas bekerja jangan terlalu dipaksakan, harus banyak2 istirahat, banyak santai, perlu refreshing, makan yang teratur dan jangan sembarangan. semoga Allah SWT selalu melindungi Mbak Lina n kel. dari segala penyakit yang ada... amiin...

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah tipes, kalo gejala pernah.. makasih tipsnya... :)

    BalasHapus
  12. kunjungan ingkat, sekedar menyapa ^^
    have a nice day :)

    BalasHapus
  13. berkunjung
    makasih udah mau berbagi dan juga semoga bermanfat

    BalasHapus
  14. kalo tipus cepetnya pake kapsul cacing tanah, biasanya di toko2 obat cina, trus byk minum p*cari sweat :)

    BalasHapus
  15. assalamualaikum
    alhamdulillah saya sempat berkunjung ke blog ini lagi
    setelah membalas komentar Anda di blog kangmusa tentunya
    dan selalu saja posting yang Anda sajikan sangat menarik dan inspiratif
    seperti mengajak untuk menjadi lebih baik dan lebih baik lagi ke depan
    semoga saya bisa mengambil pelajaran berharga dari posting-posting Anda
    jangan lupa untuk berkunjung balik ke http://www.kangmusa.com
    salam hangat
    kangmusa

    BalasHapus
  16. Postingan yang bermanfaat nih. Aku jadi tau lebih banyak tentang penyakit Typus. Thanks.
    Ditunggu Comment baliknya ya.

    BalasHapus
  17. NASIIIIB.., NASIB. ALIH-ALIH PENGIN DIET MALAH KENA TIPUSSSSSS. WAAAAA!!!! T_T

    BalasHapus
  18. pernah juga siiih aku ngalamin kena penyakit typeees, serba salah makan salah bergerak salah jadi istirahat fuuuul, ga boleh cape n terlalu di paksakan kalo kerja.
    semoga lekas sembuh yaaa.......
    TETAP SEMANGAT

    BalasHapus
  19. Postingan yg kebetulan aku cari mbak, bisa nambah pengetahuan tentang penyakit typhus.( anakku jg terkena typhus )

    BalasHapus
  20. Sudah dua minggu Salmonella menyerangku . . .Saya pengen tanya Apakah orang yang terkena tipes boleh minum wedang(minuman)jahe ? saya minum wedang Jahe krn cuaca di tempat saya cukup dingin . .

    BalasHapus
  21. suami saya typus udh 2 bln,apa emng biasa lama klo kena thypus...

    BalasHapus
  22. @sinar sabrina

    tergantung tingkat keparahannya sis.. musti badrest, agar cepat pulih kondisinya.. dan benar2 diatur pola makannya..

    semoga lekas sembuh yah..
    sdh coba diminumi vermin (obat ekstrak cacing)

    BalasHapus
  23. This may sound dangerous, but it sexcam doesn't make the 4 S' panel look dated by any means.


    Here is my blog post ... cam sex

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  27. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  28. Wahduhh dah 3x opname nehh gue..baru seminggu pulang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini gue msh dlm masa penyembuhan..kata dokter sehh..badan msh lemas..kepala belakang msh ngerasain pusing..tp utk fisik dah lumayan lahh..gue minum obat dokter jam 8pagi ame jam 8 malam..selain itu gue minumin madu, gamat, bioterra, klu extract cacing belum..pokoknya yg herbal2 tinggi protein gue lahap..utk makan gue dah berani makan brokoli, buncis, wortel, nasi padat yg gue campur bioterra, daging ayam, daging kambing, kakap dll..susu kambing..saking pengen cepat normal badan..apa2 gue makan..pokoknya nggak jajan luar dulu..maklum biasanya cuman jd manusia antar warung angkringan..dulu begadang udah 20th..kagak pernah sakit yg sampai ke dokter apalg opname..kgak ngebayangin..tp akhirnya hrs ngalamin jg..dan sempat panik..Hehehe..sampai ane tulis ini..ane msh baringan ditempat tidur..
      Salam semua ya!! Moga pdd sehat semua!!

      Hapus
  29. Klu mau sharing2an bisa add pin gue 2839910B

    BalasHapus
  30. @JAGUAR EMAS

    wah.. memang harus bener2 bedrest mas bro.. aku doain semoga lekas sehat yah.. agar bisa beraktifitas kembali seperti biasa... :)

    BalasHapus
  31. Mau share ni mbk,kbetulan sy ibu rumah tangga dan punya baby.mgkn krn sering kcapean akhirnya typus bolak blik kambuh.sampek binggung gmna mengatasinya.tiap cpek &telat mkn lngsg deh ambruk lg

    BalasHapus
  32. Oh ya Mbak Lina, saya herlina dk dari Batam Kepri. Saya saat ini juga menderita typus Abd, kemarin haeil cek lab widal 1/160. Alhamdulillah kondisi masih bisa rawat jalan, 3 hari sekali kontrol dan seminggu sekali cek lab untuk melihat perkembangan. Saat malam, perut dan kepala pada nyeri dan g nyaman. Jadi mau tidur/istirahat serba salah. Tapi menjelang subuh baru bisa tidur. Sejak tau ini typus, suami saya (waktu kecil pernah typus) lgs nelpon mertua trus saya disarankan untuk juga mengkonsumsi vermin selain obat dari dokter. Alhamdulillah, karena saya jaga makan, disiang hari saya bisaaberaktifitas, tapi tetap ga bisa terlalu capek, karena cepat sekali terasa lelah dan pusing. Menurut mbak Lina yang punya banyak pengalaman ttg typus, apa lagi yang sebaiknya saya lakukan ya biar penyakit typus saya dapat sembuh? Terima kasih ya Mbak.. salam

    BalasHapus
  33. Boleh ga ya sakit tipes minum air lemon ?

    BalasHapus
  34. Sudah seminggu saya juga terkena tipes yang ke-2(dulu yang pertama selama 2 minggu pada tahun 2009).
    Tes widal semalem 1/320. Tapi udah ndak panas karena sering direbuskan cacing tanah.
    Tapi kepala masih pusing-pusing. Dan perut masih sebah. Sulit BAB dan rasanya perut penuh. Sering timbul kekhawatiran klo ada penyakit lanjutan.

    Yang belum terkena tipes jaga kesehatan ya. Jangan bergadang yang tidak perlu.
    Salam

    BalasHapus
  35. Saya juga lagi kena thypus nih mb.. start bulan dec 2015. TrsT maret.Trs april 2016.. udh 1mnggu lebih badan udh enakan sih.. tpi kepala belakang msh berat skalik..klo untuk kerja ngadep kompngenyut terasa ngenyut.. mudah2an yg lagi kena cepat pulih lgi ya ttap semangat

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi NO PORNO, NO SARA dan NO SAMPAH yah..
Gunakan akun atau link anda, agar aku bisa mengunjungi anda kembali..
Terima kasih.. :)

Google+

Last Comment

Recent Comments Widget
 
Support : Maskolis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. sharingyuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger