Home » » Hari Jum'at, Hari Batik

Hari Jum'at, Hari Batik


Hari ini, hari jumat kedua diawal tahun 2010 dan merupakan hari jum'at pertama kerja yang aku lewati setelah libur panjang akhir tahun 2009 lalu.  Ada yang special dihari ini, karena ada peraturan baru dikantorku, yakni mulai awal tahun 2010 setiap hari jum'at semua karyawan diwajibkan memakai seragam batik, yang warnanya diselang seling setiap minggu.  Jum'at diminggu ini memakai batik warna merah, sedangkan jum'at minggu depan memakai batik warna biru, kemudian jum'at depannya lagi warna merah lagi dan seterusnya berganti2 setiap minggu.





Pagi tadi pemandangan cukup cerah.  Biasanya terlihat warna biru muda memadati pelataran perusahaan, tapi hari ini warna merah bunga-bunga.. cerah dan segar banget dipandang mata.. wajah orang2 pun terlihat lebih cakep2 ketimbang biasanya, karena sebelumnya ga pernah terlihat pakai batik khan ? jadi rada-rada pangling gitu..   




Dulu, orang biasa pakai batik hanya untuk acara-acara tertentu seperti resepsi pernikahan.  Kaum mudanya saja seakan malu memakai batik karena terkesan batik tuh pantesan dipakai oleh orang-orang yang sudah tua. Tapi sejak 2 tahun belakangan ini, batik mulai ngetren dan banyak dipakai oleh berbagai kalangan mulai dari kanak2, remaja, dewasa dan orang tua walau tidak lagi hanya  dalam acara-acara tertentu seperti jaman dulu, pilihan corak dan warnanya pun sekarang ini lebih bervariasi serta model yang disesuaikan mode yang lagi ngetren saat ini, tampak lebih indah dipakai. Baguslah... dengan demikian batik yang merupakan warisan budaya nenek moyang kita, akan langgeng dan tetap dikenal oleh masyarakat kita nanti
 


Tapi perlu dicermati  dipasaran banyak beredar batik produk import yang lebih murah harganya dibanding produk lokal. Hal ini kalau dibiarkan terus menerus bisa mengakibatkan terpuruknya produksi batik dalam negeri kita sendiri karena kalah bersaing harga... Mestinya kita harus bangga dan hanya memakai produk dalam negeri yah....
 

Share this article :

24 komentar:

  1. semoga gak ada lagi yang mau curi budaya indonesia
    MERDEKA

    BalasHapus
  2. @ Bamz : Iya bener sob, seingatku batik juga diakui oleh org malaysia sebagai budaya nenek moyangnya yah..?! tp dipasaran justru yg banyak beredar adalah batik buatan china dan harganya lebih murah dr produk kita sendiri..

    BalasHapus
  3. wah... gara-gara make batik jadi pangling nih mbak... mbak Lina yang mana ya... yang lagi mainan komputer ato yang lagi berdiri ya? eh... tapi gara-gara batik... jadi makin cantik nih mbak... hidup BATIK...

    BalasHapus
  4. sangat setuju. harga adalah no 2 yang terpenting adalah cinta produk dalam negeri. salah satu solusi yang bisa dilakukan pemerintah mungkin memberikan cukai yang mahal terhadap barang-barang import yang berusaha mematikan batik asli indonesia

    BalasHapus
  5. @ Mas Goen : Aku yg lagi dibelakang kamera HP mas Goen... mereka semua itu foto modelku..hehehe

    @ Liudin : Bener juga yah sob, biar harga barang import tidak lebih murah dr harga produk kita sendiri, sehingga masyarakat lebih memilih produk dalam negeri yang lebih terjangkau..

    BalasHapus
  6. Keren Mbak seragam batiknya. Kalau mau beli batik harus hati2, jangan2 malah beli yang made in china, hehehe. Saya cinta produk dalam negeri! :)

    BalasHapus
  7. Hari pertama kerja pakai batik rame2, seru ya Mbak... Pemandangannya adem...

    BalasHapus
  8. hebat nich mba lina....
    hari jumat lebih cocok pake baju batik...seragam lagi, kayaknya itu patut di diberi penghargaan dech....khan bangsa kita dah di akui warisan batiknya khan mba? hehe...


    Indonesia Java International Destination | Luthfifuadi.Com

    BalasHapus
  9. Batik memang cantik,ta salah klo PBB mengakuinya
    apa lagi klo dah di pakai ama mba lina..ehehehe

    BalasHapus
  10. @ Lina : Wah.. meneketehe Lin.. mudah2an sih emang produk dalam negri, kita khan cuma dikasih sm perusahaan :)

    @ Luthfi : Wah.. sahabat lama muncul kembali.. kmn aja selama ini ? seneng jumpa lagi sama Luthfi.. :)

    @ Aan : Hehehe.. jangan muji gitu dong, ntar besar kepala nih.. hehehe

    BalasHapus
  11. ayo mari kita budaya batik agar selalu terkenal di seluruh negara

    BalasHapus
  12. batik adalah kebanggan kita,semakin sering kita menggunakan,org luar akan semakin mengerti kalau itu milik kita. skrg batik sudah di combine dengan gaya gaya anak muda skrg kok, so g perlu ragu berbatik ! hidup batik !

    BalasHapus
  13. semoga batik tetap jaya dan tak akan pernah lekang oleh jaman

    BalasHapus
  14. Seeeep... keren tuh..! kantor ny mba Lina karyawanny jd makin keren tampilanny.. ^^

    BalasHapus
  15. pakai batik nii yeeee..... nambah anggun koq Mbak.
    salam sukses n tetap semangat

    BalasHapus
  16. klo sy sih maunya tiap hari pake batik, tp apa daya stok cm 3 biji.. ^_^

    BalasHapus
  17. ikut melestarikan budaya nenekmoyang nih degan pakai batik

    BalasHapus
  18. @ Heru : Bener banget tuh mas..

    @ Rifky : Motif dan modelnya udah bagus2 banget kok, banyak pilihan warna, dan ga melulu seperti orang tua :D

    @ Willyo : Amin, meski diakui juga oleh negara lain sebagai kebudayaannya, tp semua org tau kalau batik budaya warisan leluhur bangsa indonesia.

    @ Mizan : Termasuk aku yah.. hehehe

    @ Harto : Iyeee... makasih ya pak, tetap semangat dan sukses selalu !

    @ Chi : Beli lagi donk.. khan di pasar banyak dijual.. :D

    @ Abeng Beng : Bener banget tuh mas.. Agar tetap langgeng sepanjang masa..

    BalasHapus
  19. Model nya cantik ya.... hehhehe... aku suka yang duduk tuh,, terlihat cantik hehehe.. klo yang berdiri ketok ndut, cos ketutuo jaket.

    Yap ... tetep yah batik no.1 ...
    mo taplak, sprei, baju,daster ato celana pendek pokoknya hidup batik indonesia, yang lain.kalah...

    BalasHapus
  20. humm...
    ngomong2 soal batik nih..
    sebenernya siapa sih yg uda dapet lisence international untuk batik itu sendiri??
    apa dunia uda mengakui batik itu asalnya dari Indonesia??
    atau dari negara tetangga??

    mohon pengetahuannya mbak lina..
    ^_^

    BalasHapus
  21. @ Tika : Aduh..duh.. tetep aja narsis nih..hehehe

    @ Bluebz : Setahuku sih, batik emang warisan leluhur kita dan sdh diakui dunia. Tapi ada negara tetangga tuh yang ngaku2 klo batik adalah warisan budaya mereka..

    BalasHapus
  22. produk dalam negeri emang bagusss, yahuuut, salut buat batik dueeh.. kenalkan Ind dengan batik . .. . .

    BalasHapus
  23. Ada cerita mengenai baju batik...sewaktu ngerjain proyek migrasi data kita dijanjikan bb bila lebih cepat kelarnya dr rencana..
    Teman-teman jadi semangat dan proyeknya lebih cepat 2 minggu kelarnya dari skedul, sesuai janji si boss, kita tagih bb-nya kirain yang dikasih blackbary (bb) rupanya baju batik (bb).. :(

    BalasHapus
  24. ada ga ya link tentang peraturan pemerintah tentang BATIK, Soalnya di perusahaan ane PERTAMINA PERSERO SURABAYA Outsorcing ada aturan Jumat tidak boleh memakai BATIK sehingga harus memakai Seragam Outsorcing... mohon bantuan rekans

    Terima Kasih

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi NO PORNO, NO SARA dan NO SAMPAH yah..
Gunakan akun atau link anda, agar aku bisa mengunjungi anda kembali..
Terima kasih.. :)

Google+

Last Comment

Recent Comments Widget
 
Support : Maskolis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. sharingyuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger