Home » » Sambal Goreng Pengantin (Sambal Goreng Kentang Hati)

Sambal Goreng Pengantin (Sambal Goreng Kentang Hati)


  Memenuhi request dari sang buah hati, Bee minta dibikinkan sambal goreng kentang hati, atau biasa kami sekeluarga menyebutnya dengan sambal goreng pengantin ( karena biasanya kalau dikondangan manten yang pas menunya nasi rames, pasti sambal goreng ini selalu ada, mungkin karena itulah dinamakan sambal goreng pengantin..hehehe..).  Lupa-lupa ingat (kayak lagu kuburan aja, yang nyanyi kuntilanak, zombi, pocong, gondoruwo... xixixixiiii   )   apa aja bumbunya yah ??? ahhh... biar ga salah coba hubungi sang koki profesional aja deh...(ibuku... ). Akhirnya, by phone ibu dektein bahan dan bumbu2nya, seperti dibawah ini....(takut lupa lagi, akhirnya dicatet aja, posting dan sekalian sharing disini... )

Bahan :
~  500 gram   Kentang
~  250 gram   Hati sapi/ayam 
~  1  papan       Petai
~  150 ml        Santan kental (kalau pakai santan instan jgn lupa tambahin air)
~  100 gram    Cabe merah 
~  4 butir        Bawang Putih
~  6 butir        Bawang Merah
~  1 buah         Tomat
~  3 lembar     Daun Jeruk Purut
~  2 lembar     Daun Salam
~  1 buah         Serai, dikeprek
~  1 ruas          Laos, dikeprek

~  Gula & Garam secukupnya
~  2 sendok mkn minyak goreng untuk menumis
~  Gula & Garam secukupnya
~  Brambang goreng untuk taburan

Setelah semua bahan tersedia,
~  Kupas kentang dan potong dadu, kemudian digoreng sampai benar2 kering (tapi jangan sampai gosong yah, nyala api-nya sedang aja). 
~  Hati dipotong dadu dan digoreng asal matang ga perlu terlalu kering (kecuali kalau menggunakan hati ayam, harus lebih kering karena teksture hati ayam lebih mudah lembek dan hancur).
~  Petai dikupas dan dipotong2 ( 1 biji menjadi 2 atau 3 bagian).
~  Siapkan bumbu yang akan dihaluskan ( diuleg atau diblender juga bisa) bawang putih, bawang merah, cabe merah, daun jeruk purut, tomat.  Kalau sudah halus,
~  Tumis bumbu dalam minyak yang sudah panas, tambahkan serai, daun salam, laos, gula dan garam secukupnya, setelah dirasa cukup matang tambahkan santan kental, petai dan  hati, masak kembali hingga kuah agak menyusut.
~  Terakhir masukkan kentang yang sudah digoreng kering, aduk rata hingga bumbu tercampur, setelah bumbu meresap matikan kompor dan angkat.  
~  Hidangkan bersama taburan brambang goreng diatasnya...  

It's so yummy..

Info tambahan..... kalau ga mau pedas, isi cabe merahnya dibuang aja.. Coz kemaren pas aku praktekin resep ini tanpa membuang isi cabe merah, hasilnya enakkk banget, tapi pedas... Bee jadi protes, karena dia ga doyan makanan pedas (padahal bikin menu ini untuk memenuhi requestnya, jadi ga ke makan sama dia deh.. )
Share this article :

24 komentar:

  1. sepertinya enak..
    sayang pake hati mbk jadi saya g mau makan heheh..

    wah klo bee g mau makan pasti mbk lina yg ngabisin heheh..
    mbk tagnya da saya kerjain

    BalasHapus
  2. berkujung perdana

    salam kenal

    sudilah kiranya mampir dan berkomentar di tempatku dan menjalin persahabatan


    ^__^

    BalasHapus
  3. wah bagi dong...heheh ntar deh kalo mampir ke SBY :p

    BalasHapus
  4. Lapar, Mbak. Masih ada kah, sambal gorengnya?

    BalasHapus
  5. this is it..."sambal goreng penagnten ala mba Lina Quen..." *nendang banget dah...

    BalasHapus
  6. Hahaha... asal-usulnya boleh juga, karena sering munculnya setiap acara pernikahan,, *walopun pas Hari raya juga ada*,, jadinya mbak lina dan sekeluarga nyebutnya sambal goreng pengantin.

    Kalau biasanya orang nyebutnya dengan kentang balado kan mbak..?

    salah satu doyanan phonank juga nih, tp gak mau klo ada pete' nya.
    bisa diganti jengkol gak..?? lho... lebih parah lagi,, hehehehe


    Kok Petai dibilangnya satu papan sih mbak..? emangnya tempe.. hikikiki *phonank protes molo nih*

    Kalau satu buah petai kan lebih cocok,, wah klo gtu phonank tunggu delivery nya yah mbak,, hohoo

    BalasHapus
  7. kalo bikin sambal goreng di rumah, selain kentang dan ati empela ayam, Mas Fi (suami) juga suka pake tahu dan tempe goreng yang dipotong dadu kecil. Trus sereh diiris tipis2 banget...jadi wangi sambal gorengnya

    BalasHapus
  8. wah saya mah seneng sama segala makanan...alias omnivora. palagi pake petai, kayak masakan mba lina di atas... muantaaaaaap

    BalasHapus
  9. nyaaaaaaaa.... paling seneng deh kalo ada resep masakan yg enak2. siap di praktekkan^^

    BalasHapus
  10. nyam-nyam... sambel gorengnya bikin naga di perut jadi kelabakan nih mbak...

    BalasHapus
  11. enak tuh kayaknya...
    ijin nyicip ya mbak...minta dibuatin ini ah sama emak...enyak enyak enyak...

    BalasHapus
  12. @ Kang Tejo, vegetarian yah kang.. tunggu aja nih, ada resep untuk vegetarian kok..

    @ The minds, OK.. aku akan mampir.. thanks atas kunjungannya yah..

    @ Rifky, yukkk... kapan nih ke sbynya ??

    @ Eka, kerumah aja.. ntar aku bikinin lagi, khusus buat eka :D

    @ Aan, Apanya yang nendang ?? aneh2 aja nih mas aan..hehehe

    @ Phonank, beda Nank.. klo kentang balado itu, kentangnya dibikin kripik dulu terus dibumbui balado.. Oh, ternyata kmu demen sama jengkol yah Nank..walah bauknya..hehehe
    Petai klo dibilang 1 buah tuh kayak cuman sebiji aja nank.. iya nih, Phonank protes mlulu..hehehe

    @ Lina, sambal goreng kering tempe khan namanya ? suamiku juga suka banget tuh..

    @ Irfan, berarti sm donk kita, sama2 omnivora.. apa aja dimakan kecuali racun kali yah..hehehe

    @ Kucing Tengil, terutama ikan yah Mia, kucing paling doyan.. :D

    @ Mas Goen, dicicip aja mas Goen.. enak banget lho.. :)

    @ Rahad, boleh kok.. yang banyak yah.. :)

    BalasHapus
  13. suatu saat aku akan sukses buat resep ini...

    nyontek yah mbak

    BalasHapus
  14. hmm.. namanya bikin kepengen..
    dan fotonya mantaappbb... pengen nyantap dengan segera..
    hmm.. nyaam.. pedes =D

    BalasHapus
  15. aku sukaaaaaaa bnaget sama masakan yang satu ini.... suer wer wer wer wer..... heheheheh

    BalasHapus
  16. jadi lapar aku bu lihat masakannya wih untung makana udah tersedia nih

    BalasHapus
  17. wkwkwwk...jadi inget di solo dulu...setiap kondangan ada rumus "USDEK" Unjuk'an+snack, Sop, Dahar, Es n Kondhor...

    BalasHapus
  18. jadi laper kalau lihat penampakan makanan ... .

    memang sambal goreng ati kebanyakan tersedia waktu ada pesta pernikahan ....

    BalasHapus
  19. Sambal goreng... mau dong... apalagi isinya printhil daging atau pelo ati. Hemmm mak nyussss... ^_^

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi NO PORNO, NO SARA dan NO SAMPAH yah..
Gunakan akun atau link anda, agar aku bisa mengunjungi anda kembali..
Terima kasih.. :)

Google+

Last Comment

Recent Comments Widget
 
Support : Maskolis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. . - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger