Home » » Helloween

Helloween

Bentar lagi tgl 31 Oktober nih, jadi inget.. beberapa waktu yang lalu,  saat nyantai bersama keluarga, tiba2 ada keinginan tuk nonton film horor DVD (termasuk jenis film favoritku), judulnya Helloween.  Diawal-awal film tiba2 Bee tanya, " Ma, helloween itu apa sih ? ".  Hmmm... coba berpikir, tapi ternyata blank juga nih kepala (bener-bener ga tahu..hehehe), ga ada kata yang tepat tuk bisa dijadikan jawaban.. Namun tiba2 aku ingat, disalah satu majalah dia, pernah sekilas aku baca tentang apa itu helloween dan serba-serbi seputarnya.

Akhirnya... dengan sedikit usaha, aku cari majalah itu, dan..nemu ! Aku suruh dia baca sendiri  dan dengan rasa ingin tahu, aku pun ikut membacanya..
Sekedar sharing (atau juga karena ga ada ide posting yang  lain..hehehe) barangkali ada beberapa sobat yang juga ingin tahu serba serbi tentang helloween, bisa simak tulisanku dibawah ini...

Helloween diperingati setiap tanggal 31 Oktober.

Asal mulanya, dahulu kala bangsa Celt di Irlandia selalu mengadakan perayaan pada penghujung musim panas yang jatuh setiap tanggal 31 Okt, yang disebut hari Raya Samhain (tahun baru bangsa Celt). Pada malam tahun baru ini, mereka percaya bahwa ruh2 orang yang sudah meninggal tahun itu akan berkeliaran dan merasuki tubuh2 manusia yang masih hidup. Untuk menghindari hal itu, semua penghuni kampung mematikan semua api dalam rumah mereka, supaya hantu2 tak menyadari keberadaan mereka. Kemudian mereka berpakaian serupa (hantu2) dan membuat kegaduhan disekitar lingkungannya supaya para hantu tersebut menjadi takut dan menjauh.



Asal nama helloween : perayaan ini pada akhirnya diubah oleh penganut agama katolik menjadi perayaan bagi semua orang suci (santo) yang dihormati oleh penganut katolik. "Helloween" istilah yg digunakan oleh orang katolik, berasal dari kata " All Hollow Day" atau All Saint Day (hari santo) yang diperingati pada tanggal 1 Nopember. Tradisi ini sampai ke Amerika pada tahun 1840, dibawa oleh orang Irlandia yang bermigrasi ke Amerika karena negaranya sedang dilanda kelaparan.

Trick or Treat

Tradisi ini berasal dari bangsa Celt juga, pengertiannya adalah mencari jiwa.  Dulu setiap tanggal 2 Nopember setelah hari santo, para penganut agama katolik akan berjalan dari  kampung ke kampung untuk  meminta
 " makanan untuk jiwa ".   Makanan ini berupa kue, dengan bentuk segi empat dengan kismis diatasnya.  Orang2 tersebut percaya semakin banyak kue tersebut dibagikan ke para peminta, maka akan semakin banyak pula doa yang mereka terima.  Doa tersebut nantinya akan mereka kirimkan kepada para leluhur mereka, karena mereka percaya bahwa ruh orang yang sudah mati masih berkeliaran untuk sementara waktu setelah kematian mereka, dan doa2 orang baik yang dikenal maupun yang tidak dikenal, dipercaya akan  mempermudah jalan meraka menuju surga.


Labu & Legenda Jack O

Zaman dahulu kala ada seorang pemuda bernama Jack, ia seorang pemabuk dan penipu. Suatu hati ia berhasil mengelabui setan untuk memanjat ke atas pohon. Setelah itu ia memerangkap setan tersebut dengan sebuah salib yg diletakkan di sebuah batang pohon sehingga setan itu tidak bisa turun lagi. Setan itu diperbolehkannya turun apabila berjanji tidak akan mengganggu Jack lagi. Akibat perbuatannya itu, setelah mati Jack tidak bisa masuk surga karena perbuatannya yang selicik setan. Namun Jack juga tidak diperkenankan masuk neraka karena telah mengelabui setan, tapi setan membekalinya api untuk menerangi jalannya yang gelap abadi.  Bara api itu dimasukkan dalam sebuah lobak supaya bisa menyala lebih lama dan menjadi lentera kemanapun dia pergi. Ini adalah cerita rakyat Irlandia. Tradisi menyalakan lentera Jack O dilakukan pada perayaan helloween. Tapi di Amerika labu lebih mudah ditemukan dari pada lobak.  Maka jadilah labu sebagai lentera Jack O di Amerika.



Sumber : Majalah Bravo (untuk anak2)
Gambar : Searching di mbah Google, cuman lupa.. sumbernya dari mana aja...
Share this article :

11 komentar:

  1. updatenya cepet buangettttttt......mo kejar target ya?....

    oh namanya jack,tapi serem juga tuh orang sampe2 seten dikelabui wkwkwk....

    BalasHapus
  2. Ternyata sejarah di balik Helloween menarik juga ya...

    BalasHapus
  3. assalamualaikum,
    bagaimana kabar anda hari ini?
    pasti sangat baik terbukti dari posting inspiratif yang anda buat ini.
    semoga kunjungan sejenak ini bisa mempererat tali silaturahmi kita.
    jangan lupa berkunjung balik k http://www.kangmusa.com
    salam hangat
    wassalam
    kangmusa

    BalasHapus
  4. setan bisa dikibulin, pinter amat si jack :D

    BalasHapus
  5. Ternyata sejarah di balik Helloween menarik juga ya...

    BalasHapus
  6. Love it. Tulisan mbak Lina sangat menarik bikin penasaran terus sampai mentok bacanya. keren banget mba! btw pesta Halloween udah sampai gila2an & super meriah dah disana. dimulai dari kostum baju, dekorasi rumah, casing pc,mobil dll intinya semua diadaptasikan ke Festival ini. wuih.. kLo disini mah mending duitnya buat nolongin orang yg kesusahan aja deh yang msh byk kurang beruntung! Was'salamualikum! :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi NO PORNO, NO SARA dan NO SAMPAH yah..
Gunakan akun atau link anda, agar aku bisa mengunjungi anda kembali..
Terima kasih.. :)

Google+

Last Comment

Recent Comments Widget
 
Support : Maskolis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. sharingyuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger