Home » » Menangis

Menangis


Siapa bilang menangis tak ada gunanya?
Kelamaan menangis memang bisa bikin mata merah dan bengkak.

Tapi jangan salah, menangis dan mengeluarkan air mata ternyata bisa jadi obat ajaib yang berguna bagi kesehatan tubuh dan pikiran.


Apa saja?

Sebelumnya, simak dulu beberapa alasan manusia untuk menangis:

 1.  Menangis karena kasih sayang & kelembutan hati.
 2.  Menangis karena rasa takut.
 3.  Menangis karena cinta.
 4.  Menangis karena gembira.
 5.  Menangis karena menghadapi penderitaan.
 6.  Menangis karena terlalu sedih.
 7.  Menangis karena terasa hina dan lemah.
 8.  Menangis untuk mendapat belas kasihan orang.
 9.  Menangis karena mengikut-ikut orang menangis.
10. Menangis orang munafik - pura-pura menangis.

satu lagi perlu aku tambahkan... menangis karena nonton film yang menyedihkan..hiks..(coz aku sering banget seperti itu..)

Dikutip dari Beliefnet, ini dia 7 keajaiban yang bisa Anda dapatkan setelah menangis dan berair mata.


1. Membantu penglihatan
Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.


2. Membunuh bakteri
Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-bakteri yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.


3. Meningkatkan mood
Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.


4. Mengeluarkan racun
Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.


5. Mengurangi stres
Bagaimana menangis bisa mengurangi stres ? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin. Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.


6. Membangun komunitas
Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan teman-temannya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.


7. Melegakan perasaan
Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun Anda didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega. Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega.

Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena Anda bisa menangis meledak-ledak.

Menangislah sebelum menangis itu dilarang...

Share this article :

21 komentar:

  1. saya ingin sekali menangis karena dosa dan khila.mungkin itu akan menjadi moment ritual paling membahagiakan,ketika,kita merasa sangat dekat dengan Dia.Airmata yang mengalir adalah airmata penyesalan dan pertobatan.duhhh Gusti...

    BalasHapus
  2. saya paling ga bisa tuuuh yang namanya menangis walau dalam hal apapun.
    trims atas info keajaibannya, smg sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  3. Menangis karena Gembira, wah itu mungkin yg dinamakan TERHARU ya mbak?

    BalasHapus
  4. Menangislah bila harus menangis
    karena kita manusia...
    kaya lagunya dewa hehe..
    iya benar, menangis jangan ditahan-tahan, haris dilampiasin dengan mengeluarkan air mata,
    karena akan bisa membuat kita lega.
    Bali Villas Bali Villa Villas in Bali

    BalasHapus
  5. Menangis bukan berarti cengeng dalam menghadapi segala yang terjadi, menangis adalah anugrah bahwa kita manusia.

    BalasHapus
  6. Menangis lebih baik jangan ditahan sejauh tidak berlebih2an mungkin baik karena biasanya sehabis menangis sebahagian beban kita akan berkurang.

    BalasHapus
  7. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    BalasHapus
  8. I was wondering what would be some good things to include on a photographer/artist web site.

    BalasHapus
  9. Menangis bukan membuat kita tampak terlihat seperti orang cengeng atau tidak keras dalam hidup.
    Namun menangis juga sebagai ekspresi dalam diri, luapan yang lebih menenangkan hati dan perasaan.

    Selain itu menangis ternyata banyak manfaat postifnya, seperti yang telah dijabarkan di atas. jadi jangan takut menangis, karena menangis itu adalah manusiawi.

    asalkan jangan lebay nangisnya, seperti ngacak-ngacak rumah orang. hehehe

    BalasHapus
  10. selalu dilakukan oleh seorang yang dalam keadaan tertentu terus saat nangis dan tertawa itu yang bikin orang menjadi binggung dan terus bagaimana.waktu ngupas bawang.salam

    BalasHapus
  11. Bahkan Mata yang sering menangis karena melihat kekuasaan allah bisa menyelamatkannya dari api neraka (pernah baca di buku hadist)

    BalasHapus
  12. bener sekali komentnya kang Ipin,minimal biar perasaan kita lega,,

    apa kabar mbak lina,long time no see kita,
    met malam n met istirahat :D

    BalasHapus
  13. BUSET?? TANGISAN BISA MENGANDUNG RACUN JUGAH??? KALO GITU JANGAN NAGIS2 LAGI, YA JENG... ^_^

    BalasHapus
  14. Salam
    Menyapa kawan dihari Sumpah Pemuda...
    Mohon berpartisipasi dan dukungannya kawan...

    Salam Kawan

    BalasHapus
  15. kayanya zaman banyak yang menangis karena cinta dagh.... ^^

    BalasHapus
  16. Luar biasa manfaatnya. Jangan malu dan ragu untuk menangis!

    BalasHapus
  17. Menangis lebih baik jangan ditahan sejauh tidak berlebih2an mungkin baik karena biasanya sehabis menangis sebahagian beban kita akan berkurang.

    BalasHapus
  18. Waaah... baru tahu saya beberapa manfaat dari menangis. Subhanallah...
    Lagian, setiap orang memang tidak usah ragu untuk menangis, ekspresikan saja, toh itu sudah alamiah kan...? hehehe.. :D

    Salam kenal, Mba. Sukses selalu... :-)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi NO PORNO, NO SARA dan NO SAMPAH yah..
Gunakan akun atau link anda, agar aku bisa mengunjungi anda kembali..
Terima kasih.. :)

Google+

Last Comment

Recent Comments Widget
 
Support : Maskolis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. sharingyuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger