Home » » Tips Berbelanja

Tips Berbelanja

BELANJA, adalah hobby yang paling diminati oleh sebagian besar wanita.  Siapa sih yang ga suka belanja ???



Namun hobby berbelanja yang terlalu berlebihan sering kali mengakibatkan tekor, pengeluaran melebihi budget, karena kita tidak bisa mengontrol apa yang kita beli dan ujung2nya, kita sendiri yang pusing..


 Ingin agar belanja kita tidak melebihi budget ?   Simak tips2 berikut ini :

~ Tetapkan budget sesuai kebutuhan.

Perlu terlebih dahulu kita buat tabel perhitungan kebutuhan kita sehari2 dalam 1 bulan seperti sabun, pasta gigi, kosmetik, beras, gula, minyak, susu dll.  Jangan ada 1 pun yang terlewatkan termasuk memasukkan budget makanan kecil untuk anak2 kita,  karena hal itu sering kali terlupakan, tapi malah bikin kita tekor saat berbelanja nanti. Dari hasil perhitungan tabel kebutuhan itu, tambahkan 10-20% untuk berjaga2 kalau ada kenaikan harga.  Nah... Anda sekarang anda sudah punya budget untuk belanja bulanan.

~ Buat tabel belanja.

Setiap akan berangkat untuk berbelanja, biasakan selalu membuat tabel belanja. Hal ini sangat berguna sekali, agar kita tidak membeli barang yang tidak ada didaftar belanjaan ( barang yang kurang perlu), atau malah lupa membeli barang2 yang sebenarnya amat kita perlukan.


~ Konsisten pada daftar belanjaan.

Jangan mudah terkecoh oleh diskon yang ada, kecuali barang yang didiskon itu ada dalam daftar belanjaan anda. Perlu anda ketahui, alasan diskon dibuat antara lain karena adanya kondisi seperti barang tersebut akan segera melewati masa kadaluarsa, barang tersebut dalam kondisi cacat yg kadang tidak terlalu nampak oleh kita atau bahkan dalam produk tertentu (seperti busana, tas, sepatu dll.) harga terlebih dahulu dinaikkan sebelum kemudian didiskon.


~ Kendalikan rasa "ingin".

Setiap orang mempunyai keinginan, tapi tidak semua keinginan itu harus segera terlaksana khan ? Sebaiknya buat juga daftar keinginan anda, urutkan sesuai prioritas. Untuk mewujudkan keinginan itu satu persatu, liat dulu kondisinya, apakah setelah kita belanja sesuai daftar belanjaan, masih ada sisa budget ? klo ada, silahkan membeli, kalau tidak, lupakan saja dulu, agar kondisi keuangan dan budget yang sudah kita tetapkan bisa terus terkontrol.


~ Kenyangkan perut sebelum berbelanja.

Ini penting lho ! kalau kita dalam kondisi lapar, belanja tidak akan bisa nyaman dan konsentrasi terganggu. Apalagi kalau kita tidak ada budget untuk membeli makanan saat itu, bisa2 budget belanja kita yang akan terpakai buat makan dan akibatnya kita tidak bisa membeli barang sesuai kebutuhan, atau bahkan membeli barang melebihi budget ! Jadi sebaiknya, sebelum berangkat berbalanja, makan dulu... Kecuali emang sudah direncanakan dan ada budget buat makan2 diluar bersama keluarga.
Nah... agar kita bisa mengontrol keuangan rumah tangga kita, ga ada salahnya mencoba tips berbelanja dariku ini khan ? Cobain deh !

Share this article :

25 komentar:

  1. salam sobat
    trims tipsnya,
    yg akhir,kenyangkan perut sebelum berbelanja.
    agar tak mengganggu acara belanjanya.

    BalasHapus
  2. Keren bgt sobat tipsnya..
    Terutama Yang kenyangkan perut sblm belanja ini sgt baik skl utk mengantisipasi nafsu alami kita cuz bagaikan spt di hipnotis shg sulit bgt kita utk memikirkan apa yg akan dibelanjakan itu bermanfaat atw malah jd suatu pemborosan!

    Thanks 4 sharing :)

    BalasHapus
  3. klo mau utuh tuh duit ga usah dibelanjain jeng.. begitu gajian langsung masukin lemari, kunci yg rapet, trus kuncinya masukin tuh ke sumur.. dijamin uangnya bakal utuh.. xixixiii

    BalasHapus
  4. sayang sya gk hobi belanja mbak tapi shopping wkwkwk..:))

    BalasHapus
  5. @Nura & Ikhsan, makasih komentarnya sob.. sukses selalu yah..

    @Bayu, kok komentku di FB dicopas disini sih ?? wahhh... bang bayu ga kreatif bluassss... :P

    @ Mas, shopaholic donk mas.. hehehe

    BalasHapus
  6. tips belanja boleh juga untuk anak kost ya mbak he he, makasih infonya :)

    BalasHapus
  7. Kalau hoby belanja biasanya cewe, kalau cowo paling juga jajan ^_^

    BalasHapus
  8. belanja kalau jadi hobby memang gawat

    BalasHapus
  9. makash mbak infonya,,
    tipsny mau aku ksh ke pacar ah..hehee

    BalasHapus
  10. kalo belanja saya paling seneng pergi sendirian karena langsung sesuai dengan kebutuhan, selesai langsung pulang. tapiii... kalo sama keluarga paling ga bisa yang namanya disesuaikan dengan kebutuhan (budget) pasti deh yang tadinya ga ada di budged langsung aja di beli... (makluum sambil refreshing).....
    trims atas tipsnya sangat membantu sekali. sukses selalu n tetap semangat

    BalasHapus
  11. terkadang keinginan lebih kuat dari pada kebutuhan, mendingan suruh pembantu aja yg blanja , kasih daftar sama duit pas deh :)

    BalasHapus
  12. GIMANA KALO BELANJANYA SAMBIL TUTUP MATA HEHE...

    BalasHapus
  13. yang susah konsisten sama daftar belanjaan mba heehee

    BalasHapus
  14. Tips berbelanjanya oke banget...
    Suami saya harus baca nih, soalnya dia doyan belanja :)

    BalasHapus
  15. daku belanja suka over budget nihhhhhh

    BalasHapus
  16. Terimakasih infonya...sangat bermanfaat

    BalasHapus
  17. I am first here visiting your site while I'm Glad your a post a useful to help me i really like it .. thanks sharing tips

    BalasHapus
  18. Kalau aQ belanja barang elektronik. Sebelum belanja harus nabung dolo. Itupun cuman buat satu barang... wkwkwkwkwk...

    BalasHapus
  19. ku tambahin ya...
    tips di atas sangat ngaruh banget apalagi klo ditanamkan sejak dini.
    didikan keluarga sangat ngaruh juga.
    ^^
    salam kenal neng.btw nice tips, thx 4 share

    BalasHapus
  20. hmm... iya perempuan emank jagonya belanja, kalo pria (aku) paling ga bisa belanja, kalo dikasih harga ga ada deh yg namanya tawar menawar.. langsung aja beli, tau2 kemahalan. hehe..
    salam sukses mba.. :)

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi NO PORNO, NO SARA dan NO SAMPAH yah..
Gunakan akun atau link anda, agar aku bisa mengunjungi anda kembali..
Terima kasih.. :)

Google+

Last Comment

Recent Comments Widget
 
Support : Maskolis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. sharingyuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger