Home » » JANTUNG BOCOR... ANAKKU JUGA MENGALAMINYA..

JANTUNG BOCOR... ANAKKU JUGA MENGALAMINYA..

Jantung bocor.... mendengar istilahnya, mengerikan bukan ??? apalagi itu terjadi pada buah hati kita yang sangat kita sayangi dan lagi masih berusia beberapa hari... Ohh God.. timpakan saja penyakit itu padaku dan jangan pada buah hatiku... aku sanggup menggantikannya... Hanya itu yang terlintas di pikiranku saat mendengar apa yang terjadi pada putra kecilku.. jagoanku..
 
3 hari yang lalu, saat Ian berusia 15 hari, jadwal dia untuk mendapatkan imunisasi BCG dan POLIO ke-1.  Aku pergi ke rumah sakit bersalin dimana dia dilahirkan untuk mendapatkan imunisasi itu.  Sore itu pasien tidak terlalu banyak, sehingga kami tidak perlu mengantri terlalu lama untuk bertemu dengan dokter Alit Utamayasa (Dr spesialis anak). 

Saat tiba waktunya untuk diperiksa, aku lihat dokter lama banget memeriksa bagian dada Ian sambil aku liat raut mukanya yang sepertinya tengah penasaran akan sesuatu, aku dan suami makin gelisah karenanya.  Ada apa ??? apa ada masalah dengan Ian ?  setelah kurang lebih 10 menit, dokter pun bertanya pada kami,
 " Rumahnya dimana ??"
dan belum sempat kami jawab, suster yang dari tadi mendampingi dokter Alit menjawab, " deket sama RS. Mitra Keluarga dok.."
Wah... aku semakin yakin kalau pasti ada masalah sama kesehatan Ian, aku langsung pusing saat dokter akhirnya menjelaskan kalau saat beliau memeriksa jantung Ian dengan stetoskop, terdengar ada suara bising.. Biasanya hal itu karena ada kebocoran dijantung dan beliau menyarankan untuk di periksa lagi lebih teliti dengan menggunakan alat usg jantung di RS. Mitra Keluarga besok sore.

Sesampainya dirumah, aku dan suami banyak diam.. aku tahu apa yang ada dipikirannya, pasti tak jauh beda dengan apa yang aku pikirkan, rasa takut yang amat sangat dan ketidak tahuan atas istilah seram "jantung bocor" membuat kami kalut dan tak tahu apa yang harus kami lakukan.  Sempat aku pandangi Ian yang tengah tertidur pulas.. Ya Allah, berilah anakku kesehatan.. jangan biarkan sesuatu terjadi padanya Allah...

Ian tidur dengan nyenyaknya, malaikat kecilku..


Berbagai flashback kata2 dari teman2ku dulu terngiang kembali...
"pengen anak apa ? cowok apa cewek ? ", tanya salah seorang temanku.
Dan langsung aku jawab spontan, "tentu cowok donk.. khan aku sudah punya 2 cewek.."
Lalu temenku itu mangatakan, "jangan gitu... minta aja anak yg sehat, cowok maupun cewek tidak masalah, asal sehat dan selamat saat dilahirkan nanti.."
Aku tersenyum mendengarnya, lalu aku jawab, " tapi aku yakin, kali ini anakku pasti cowok.."
lalu kata2 yang pernah diucapkan oleh salah seorang teman sekolahku yang katanya dia punya kelebihan semacam supra natural, dia bilang (saat aku masih hamil) kalau kayaknya ada kelainan pada janinku.  Aku sempat marah dia ngomong seperti itu, karena artinya secara tidak langsung dia sudah memberiku beban pikiran yang seharusnya tidak boleh ada pada wanita yang tengah hamil. Bahkan aku sempat saling tidak bertegur sapa dengannya selama beberapa waktu, karena jujur saja aku menilai dia jahat banget sampai tega mengatakan hal itu padaku. Sekarang, aku kembali berpikir, apakah kelainan ini yang ia maksud ???

Malam serta keesokan harinya aku mulai berburu info tentang penyakit itu dan termasuk informasi kemungkinan penyembuhannya baik secara medis maupun alternatif dan pengobatan herbal. Ternyata banyak banget informasi yang aku dapatkan dari internet dan memang kebanyakan diderita oleh bayi, bawaan dari lahir.  Sedangkan untuk penanganannya tergantung dari besar kecilnya kebocoran. Untuk kebocoran yang besar pasti tindakan medis yg akan dilakukan adalah operasi pembedahan, dimana hal ini pasti akan berdampak besar pada psikologi ortu maupun si anak.  Bayangkan saja,  luka sayatan di dada karena pembedahan pasti akan membekas dan sulit untuk hilang. Sedangkan untuk kebocoran kecil untuk bayi masih memungkinkan untuk sembuh dengan sendirinya seiring perkembangannya nanti.  Obat2an herbal pun ada seperti jelly gamat luxor dan spirulina. Dari situ aku mulai sedikit tenang, karena paling tidak aku sudah bisa mulai mengenal penyakit yang mempunyai istilah menyeramkan itu.

Sore hari pun tiba, saatnya untuk datang memenuhi janji dengan dokter untuk memeriksakan jantung Ian.  Rasanya enggan untuk pergi, karena jujur aku takut dengan apa yang akan aku dengar dari  dokter tentang jantung Ian nanti.  Namun suami terus membujukku, paling tidak kami bisa tahu masalahnya lebih awal dan bisa segera memikirkan apa yang akan kami lakukan selanjutnya, dari pada semuanya terlambat. OK, akhirnya kami pun berangkat ke RS. Mitra Keluarga yang kebetulan cukup dekat dengan rumah kami.  Sepanjang jalan, tak henti2nya aku berdoa agar Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan bagi Ian, buah hati kecilku.

Cukup lama juga kami menunggu kedatangan dokternya, janji pukul 5 sore, namun beliau tiba pukul 5.45, macet begitu katanya.  Lalu tibalah saatnya untuk mulai proses usg Ian.  Aku dan suami memperhatikan layar USG dengan cemas, tanpa tahu maksud dari gambar2 bergerak yang ada didepan kami, sampai akhirnya dokter bilang,
"Nah.. ini pak kebocorannya.. bapak bisa liat khan, yang warna kuning ini......bla..bla..bla..."  Deg...jantungku serasa mau copot, ternyata benar.. ada masalah !!!  Dokter terus menjelaskan masalah yang ada pada jantung Ian, dimana terjadi kebocoran sepanjang 3.4 mm pada sekat serambi (ASD, Atrial Septal Defect).


warna kuning, itu dikarenakan darah dari serambi kanan dan kiri tercampur

Namun dokter mengatakan hal yang lumayan membuat kami sedikit lega, letak kebocoran itu ternyata ada ditempat yang tekanannya rendah, sehingga tidak terlalu mengganggu kerja jantung itu sendiri dan tak perlu pengobatan apapun, karena nantinya akan sembuh dengan sendirinya kira2 dalam jangka waktu 2 tahun.  Setelah itu dokter kembali memeriksa bagian2 yang lain dan kemudian kembali ke tempat kebocoran itu, cukup lama beliau mengutak atik gambar agar terlihat lebih jelas, dan akhirnya mengatakan sesuatu yang cukup membuat kami lebih lega lagi dan bersyukur kepada Allah SWT karena masih menyayangi kami dan memberikan kemungkinan kesembuhan yang lebih cepat pada Ian.  Iya... dokter mengatakan, ternyata dibawah letak kebocoran itu, ada semacam jaringan baru yang tumbuh dan nantinya akan menutup semua lubang kebocoran tadi.  Alhamdulillah.... dalam waktu 6 bulan, Ian diperkirakan bisa sembuh..

Ada jaringan baru yang sedang tumbuh untuk menutup kebocoran itu.


 
Nah.. sekarang, aku hanya bisa berdoa semoga Ian kecilku bisa sembuh dengan cepat.. Semoga dia selalu diberikan kesehatan oleh-NYA, agar bisa tumbuh dengan baik dan sehat.. Kabulkanlah do'aku Ya Allah...  Amin.. Ya Robbal Alamin...

Tuk sobatku semua... mohon do'anya juga untuk kesembuhan Ian yah...

Share this article :

72 komentar:

  1. Mba Lina, semoga Ian selalu diberikan kesehatan ya. Semoga jaringan barunya cepat tumbuh dan menutup kebocoran yang ada. Gak tega bayangin Ian mungil Mbak. *nangis dikereta.*

    Semoga Mba Lina dan keluarga sehat semuanya..

    BalasHapus
  2. @danirachmat
    Amin... makasih doanya mas, semoga mas Dani sekeluarga juga diberikan kesehatan oleh Allah SWT.. amin.. sukses selalu yah.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin...3x.p
      Salam mbak lina.saya abdul rohman di argamakmur Anaku sekarang juga mgalaminya mbak. Saran dokter hrus dibawa ke jakarta.tpi kami pasrah, kmana kami hrs dapatkan biaya puluhan juta yg tak sanggup kami dapatkan. Adakah solusi pengobatan lain tanpa harus ke medis mbak? Mdah2an mbak lina mau berbagi pengalaman demi kesehatan anak kami. Mhn saran mbak lina di 0852 6720 2598.abdul rohman/ratna. Wassalam.

      Hapus
    2. Ya allahh amiinnn ya allah ya robby q...semiga pnyakit itu jauhh jauh dan pergi tdak kmbli...dan semoga apa yg kita harapkan dan inginkan di kabulkan dan di hijabah oleh allah swt..aminn ya allahh..amiinnn...

      Hapus
  3. Saya pasti berdo'a untuk kesehatan Ian, semoga jaringan baru cepat menutup lubang kebocoran jantung Ian. Alhamdulillah ya Mbak, mudah2an dalam waktu enam bulan sudah benar2 sembuh.

    Ian lucu banget ya. Maaf saya jarang mampir. Waktu untuk jalan2 hampir ngga ada, paling hanya sempat membalas kunjungan saja.

    Saya juga sedang dalam pengobatan myoma di rahim yang membuat sulit hamil. Dokter hanya memberikan opsi operasi dan tidak menjamin bisa mempertahankan rahim, jadi saya coba terapi herbal. Sudah hampir dua bulan, bawah perut sudah mulai kempis.

    Semoga Allah SWT menjaga keluarga kita semua, Amin.

    -Kalau ingin lihat pohon argan, buka link di posting yang mengarah ke wikipedia, ada foto pohon argan di situ :)

    BalasHapus
  4. semoga ALLAH melimpahkan kesembuhan untuk si IAN ...aamiin

    BalasHapus
  5. Semoga kesembuhan buat Ian disegerakan Allah swt. Saya ikut bedoa.
    Dan makin yakinlah kita dibalik cobaan ada jalan keluar yang Tuhan berikan.

    BalasHapus
  6. Ikut prihatin nduk. Semoga jagoan segera sehat kemabli. Sabar ya.
    Saya bisa merasakannya karena saya juga punya anak-cucu je
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Mohon informasi... Ada yg punya nomer dr. Alit, apesialis jantung anak.. Mksh

      Hapus
  8. innalillahi... saya do'akan semoga adik kecilku ini cepat sembuh dan jantung yg bocot tersebut cepat tertutup (*amin). yang sabar ya mbk dan jangan berhenti berdo'a

    BalasHapus
  9. Allahu akbar..!
    Saya turut mendoakan juga ya, Mbak Lina. Semoga Allah Swt menyegerakan kesembuhan dan kenormalan jantung pada ananda Ian. [amin ya rabbal'alamiin]

    Tetap tabah, ya Mbak.
    Allah Maha Pendengar doa kita..

    -Salam-

    BalasHapus
  10. semoga anaknya cepat sembuh sehat wal afiat mbak

    BalasHapus
  11. Allohu akbar...
    ane jg pasti sedih kalo anak mengidap penyakit tsb.. yang sabar yaa... semoga anak ibu cepat sehat :)

    BalasHapus
  12. Duh.. hampir sama dengan ian, anak saya seorang cewek saat lahir juga mengalami hal seperti ini bu. Namun saat itu penjelasan dokternya tidak seakurat ini. Dokter hanya bilang kita tunggu hingga 6 bulan ke depan sambil dikasih obat. Sambil menunggu selama 6 bulan dan tetap konsultasi setiap bulannya dengan memberi obat dr dokter, akhirnya bulan keenam bayi kami saat itu dinyatakan dokter sudah sehat. Tidak ada lagi lubang bocor di jantungnya. Sekarang anakku sudah berusia 5 tahun. Ia tumbuh cepat, energik, dan sama seperti anak lainnya. Semoga tetap sehat sampai dewasa, demikian halnya dengan ian ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal saya Dhani,anak saya bayi perempuan usia 10 bulan juga didiagnosa pjb,boleh tau obatbapa yg diberikan dokter untuk putrinya

      Hapus
    2. Salam kenal saya Dhani,anak saya bayi perempuan usia 10 bulan juga didiagnosa pjb,boleh tau obatbapa yg diberikan dokter untuk putrinya

      Hapus
  13. kalau anak baby tidur lucu yeee...heheheh...:P

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum bu Lina,, gmana kabar Ian??? apakah sdh sehat??
    maaf sebelumnya, perkenalkan saya widodo, tgl 29 mei 13 putra kami lahir di Mitra waru dalam kondisi sehat, akan tetapi setelah melakukan control rutin ke dr. Prastiya (RS Mitra waru juga), kami dkasih rujukan kepada dr Alit untuk melakukan USG Upper seperti pada Ian karena ada indikasi kebocoran jantung. Menurut pengalaman mbak Lina apa yang sebaiknya yang kami lakukan demi kesehatan putra kami.
    Atas informasi dan sharingnya saya sampaikan banyak terimakasih

    BalasHapus
  15. @MITRA DIAGNOSTIC Lab

    Mas Widodo, lebih baik ikuti aja saran dokternya.. Agar kita bisa tahu lebih pasti apa yang dialami oleh anak kita. Kalau memang itu hal yang serius, dengan diketahui lebih awal akan lebih memudahkan kita untuk segera mengambil tindakan medis berikutnya.
    Kalaupun tidak, kita pun akan merasa lega, karena sdh tahu pasti kondisi yg dialami oleh anak kita dan dapat menentukan langkah apa yg akan kita ambil berikutnya.

    Demikian saran dari saya. Semoga anak mas widodo baik2 saja seperti anakku yah.. Amin.

    BalasHapus
  16. mudah2an ian bisa sembuh ya mbak....ini anak saya juga punya penyakit seperti itu tapi baru ketahuan usia 17 th sekarang lubangnya sekitar 1,5 cm, sedih sekali rasanya mbak....kebetulan yang menangani dr Alit juga...besok rabu tgl 21 agt'13 rencana dilakukan tindakan penutupan lubang dengan kateterisasi...doakan ya mbak...

    BalasHapus
  17. mudah2an ian bisa sembuh ya mbak....ini anak saya juga punya penyakit seperti itu tapi baru ketahuan usia 17 th sekarang lubangnya sekitar 1,5 cm, sedih sekali rasanya mbak....kebetulan yang menangani dr Alit juga...besok rabu tgl 21 agt'13 rencana dilakukan tindakan penutupan lubang dengan kateterisasi...doakan ya mbak...

    BalasHapus
  18. @Arye Kusayang

    Aduhhh.. aku merinding banget baca komentarnya mas... Aku doakan semoga anaknya lekas sembuh mas, dan sehat seperti semula... semoga lancar operasinya... amin..

    BalasHapus
  19. salam kenal dari endo usia 5 bulan yg juga punya ASD 3.8 mm
    endo juga pasien dr. alit dan dalam waktu seminggu ini kira2 tgl 14 september 2013 akan echo yg ke2 kali untuk melihat perkembangan jantungnya...

    mungkin ini sekitar setahun usia kakak IAN.....selamat ultah mungkin ya...
    saya tertarik mengetahui perkembangan IAN selama setahun ini bagaimana, apakah ada keluhan2 yang berhubungan dengan jantungnya atau mungkin napasnya
    mengingat endo juga mengalami hal yang sama dan apa saja yang harus dilakukan dengan kondisi ini

    BalasHapus
  20. Buk lina, gimana kabar ian buk ? Apakah benar asd nya menutuo sendiri buk ? Anak saya ayra juga vsd 3-4 mm dan nampak juga jaringan baru....mohon infonya mengenai ian buk lina.. Terimakasih

    BalasHapus
  21. Semoga Ian cpt sembuh yah Mba ^^ anak saya juga sama mengalami jantung bocor jenis VSD, dan dari pas lahir dktr anaknya Ali Alhadar sudah mengetahuinya dan saya langsung ke RS Medistra untuk ke Prof. Sudigdo, anak saya ada bocor 0.5cm dan menurut Prof. Digdo akan menutup sendiri walau akan lama. sekarang anak saya sudah berumur 5thn, memang saya belum cek lagi, akan tetapi tidak ada keluhan dan anak saya tumbuh normal ^^ semangat ya Mba, pasti anak kita akan tumbuh dengan normal dan sehat.

    BalasHapus
  22. Semoga cepat sembuh yaa.. anak saya juga terkena jantung bocor.. tp anaknya normal aja cuman berat badan aja yg kurang.. makannya juga g lahap.. sekarang saya kasih jelly gammat Gold G sm Spirulin. Semoga anak2 kita cepat sembuh ya mbak.. pertama kali dgr dokter kasih tau klo anak menglmi jantung bocorm saya dn suami jg strees, campur aduk smua. G tega dengar penyakit anak yg terdengar sangat menyeramkan. Semoga Tuhan menyembuhkan ank2 kita dr obat2an yg kita berikan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Ibu Mariani, bagaimana perkembangan anak ibu setelah mengkonsumsi jelly gamat? Apakah mengecil kebocorannya? Apakah sudah diecho ulang? Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih

      Hapus
  23. Mbk saya hamil 6 bln tp anak saya di usg kata dokter ada kobocoran jNtung mbk, kami sempat shok sampe hari ini. Hpl saya bln januari, mohn sarannya mbk saya harus gimana?

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum Ibu Lina.
    Bagaimana keadaan Ian sekarang? Apakah sudah menutup semua kebocoran jantungnya? Karena anak saya juga mengalami jantung bocor VSD 3,4 mm.
    Mohon informasinya ya Ibu. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon info mengenai pjb Krn anak saya jg didiagnosa VSD 4-5mm dan katup/klep sempit. Mohon sekali informasinya bagi yg sdh mengalami adakah tips agar jantung yg bocor menutup dngn sendiri nya? Terimakasih....
      Wassalamu'alaikum 😇

      Hapus
    2. Mohon info mengenai pjb Krn anak saya jg didiagnosa VSD 4-5mm dan katup/klep sempit. Mohon sekali informasinya bagi yg sdh mengalami adakah tips agar jantung yg bocor menutup dngn sendiri nya? Terimakasih....
      Wassalamu'alaikum 😇

      Hapus
    3. Mohon info mengenai pjb Krn anak saya jg didiagnosa VSD 4-5mm dan katup/klep sempit. Mohon sekali informasinya bagi yg sdh mengalami adakah tips agar jantung yg bocor menutup dngn sendiri nya? Shring pjb info Wa ke 082310134341 Terimakasih....
      Wassalamu'alaikum 😇

      Hapus
    4. Mohon info mengenai pjb Krn anak saya jg didiagnosa VSD 4-5mm dan katup/klep sempit. Mohon sekali informasinya bagi yg sdh mengalami adakah tips agar jantung yg bocor menutup dngn sendiri nya? Shring pjb info Wa ke 082310134341 Terimakasih....
      Wassalamu'alaikum 😇

      Hapus
    5. anak saya juga di diagnosa VSD 4.4 mm
      usia nya 7 bln dg berat 4.9kg
      setiap sebulan sekali kontrol ke dr. Alit di Siloam SBY
      yang sabar ya bunda... kita hanya bisa berikhtiar dan berdoa semoga segera diberikan kesembuhan untuk anak2 kita.. aamiin...

      Hapus
  25. Bunda anak ke'2ku pun mengalami hal yg sama usianya baru 1bln2mnggu ada kebocoran jantung bun....terasa amat sedih akupun mendengarnya saat dokter memeriksannya, mohon sering2 ya bun?

    BalasHapus
  26. Assalmu'alaikum wr.wb
    Salam kenal bunda semuanya. Sama putri saya juga mengalami bocor jantung ukuramnnya 0,9 mm. Semoga anak2 kit sehat semuanya & bisa menutup dgn sendirinya ya bund.. Aamiin Yaa Robb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba.. Gimana pengobatan anaknya... Pake. Kateterisasi ataukah bisa nutup sendiri.. Trimakashh

      Hapus
  27. Assalamualaikum mbak lina,,anak saya jg di diagnosa bocor jantung mbak.tp dktr pas usg g bilang mbak bocor ny ASD atw VSD malah bilang ini mah hrs operasi dan di jadwalkan kateter mbak.gmana y mbak ko saya malah jd trauma dngr dktr blng operasi dan saya blm periksain anak saya lg ke rs

    BalasHapus
  28. Assalamualaikum mbak lina,,anak saya jg di diagnosa bocor jantung mbak.tp dktr pas usg g bilang mbak bocor ny ASD atw VSD malah bilang ini mah hrs operasi dan di jadwalkan kateter mbak.gmana y mbak ko saya malah jd trauma dngr dktr blng operasi dan saya blm periksain anak saya lg ke rs

    BalasHapus
  29. Anakku cewek dr lahir sdh kena pjb atupnya membuka skrg umur 4bln,tolong solusinya untuk menyembuhkn putri kecilku..

    BalasHapus
  30. Anakku cewek dr lahir sdh kena pjb atupnya membuka skrg umur 4bln,tolong solusinya untuk menyembuhkn putri kecilku..

    BalasHapus
  31. Anak sy juga PJB ukuran 2 mm, usia 1 bulan. Periksa smntara di dr. Jamal RS Mitra Keluarga, baru ketauan stlh di stetoskop oleh dr. Linnie.. mari kita berdoa smg Allah memberikan kesembuhan utk anak2 kita..

    BalasHapus
  32. Anak sy bru lahir smggu prematur bbnya 2.2 kg ..kata dokter paru paru nya bocor..sy hanya pasrah bsk mau d bwa plng dr rs krn dah ga da biaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Knp gx pke bpjs,klu ngga buat jamkesda..spya ditangani dokter ksian ankny mb

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  33. Malam mba . Anak mba sama anak saya sama . Anak saya sekrang bocor jantung dan mau di rujuk ke rs harapan indah jakarta .
    Saya sngat sedih mendengar nya

    BalasHapus
  34. Ponakan saya jg mengalami kebocorn jantung usia bru 2bln awlny btuk trs trs bibir jd biru,stlh dirujuk ke rs sarjito jogja bocorny 1,5mm minta doany agr ank dr adik sya bs sembuh tnpa bedah dn hrpn sya bisa nutup sdri sprt ank mb lina.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama anakku jg dari lahir udah didiagosa jantung bocor... vsd 3.61mm...sekarang berusia 1.5 bulan... dan pengobatan rutin sama dokter jantung... Saling mendoakan ya bunda2 agar anak kita sembuh dan sehat Amin

      Hapus
  35. Melihat postingan ini saya merasa bahwa sy tdk sendirian... Diberi amanah oleh Allah utk merawat titipanNya dg penyakit ini. Allah Maha Kuasa... Sebesar apapun lubang kebocoran jantung jika Allab berkehendak menutupny maka tidk merasa berat sedikitpun Allah menghendakinya...
    Anak saya juga mengalami kebocorab jantung dg asd dn vsd. Asd dg lubng 2mm dokter optimis dapat menutup sendiri namun lubng pada vsd sekitar 9mm doktrr tdk bs jamin dapat menutup sendiri. Saat itu aku langsung syok... Tapi aku yakin dg kuasaNya. Sembari kita lakukan ikhtiyr lahir dg melakukan hal yg terbaik juga dibarengi ikhtiar batin utk terus memohon agar ank saya bs segera sembuh...

    BalasHapus
  36. Oh ya... Sya mau tanya apakah ada yg pernab konsumsikan si kecik jelly gamat??? Bgaimana perkembnganny???

    BalasHapus
  37. Oh ya... Sya mau tanya apakah ada yg pernab konsumsikan si kecik jelly gamat??? Bgaimana perkembnganny???

    BalasHapus
  38. Anak sy 3bkn didiagnisa vsd 9mm. Tolong sharing nya ke wa 08122131430

    BalasHapus
  39. Hallo mba bagaimana kabar Ian skrg? Anakku juga sama asd usia 2 bulan. Semoga bisa sembuh sendiri yaaa..

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi NO PORNO, NO SARA dan NO SAMPAH yah..
Gunakan akun atau link anda, agar aku bisa mengunjungi anda kembali..
Terima kasih.. :)

Last Comment

Recent Comments Widget
 
Support : Maskolis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. sharingyuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger