Home » , , , , » Coklat Praline

Coklat Praline

Sudah menjadi kebiasaanku, tiap kali lebaran selalu menyuguhkan coklat praline dirumah.  Bahkan aku sering membuat banyak sampai puluhan toples, untuk dibagikan ke tetangga, saudara dan sebagian lagi untuk dijual.  Aku yakin, banyak orang yang suka coklat, baik orang tua, orang muda, remaja maupun anak-anak. Selain nikmat, coklat juga cukup banyak manfaatnya lho, salah satunya adalah bisa menghilangkan stress, dan mencairkan suasana (kalau pas pacar gi gondok, marah.. cobain aja rayu dia dengan cara kasih coklat yang nikmat.. pasti bakalan cair tuh hatinya.. hehehe).

Coklat praline ala sharingyuk.

Coklat praline ini cukup simple proses bikinnya. Yang perlu kita siapkan hanyalah cetakan coklat, paping bag (plastik untuk wadah coklat yang sdh dicairkan agar lebih mudah saat menuangnya di cetakan) dan tentu saja bahan coklat itu sendiri.  Bahan coklat cukup bervariasi dan bisa menggunakan coklat dari berbagai merk.  Namun aku sudah sangat fanatik dengan coklat merk Colatta. Agar coklat praline yang dihasilkan tidak mudah lumer, pilihlah compound coklat, yaitu coklat yang diproduksi dengan mencampurkan cocoa butter dan minyak sayur. Disamping tidak mudah lumer, harganya pun cukup terjangkau dibandingkan dengan coklat yang diproduksi murni 100% menggunakan cocoa butter yang relatif lebih mahal.


Agar coklat praline kita lebih menarik, gunakan 2 atau lebih kombinasi warna sekaligus. Ada banyak warna dan rasa yang tersedia di coklat compound ini.  Diantaranya, warna pink yang berasa strawberry, kuning berasa jeruk, putih berasa susu, hijau berasa apel, ungu berasa anggur, orange berasa lemon dan biru berasa bluberry.  Selama ini aku biasa menggunakan campuran 2 warna saja untuk praline-ku yakni warna dasar coklat yg dipadukan dengan 1 warna lainnya (karena coklat warna harganya lebih mahal ketimbang coklat compound biasa, jadi aku lebih sering menggunakan warna coklat untuk dasarnya). 

Next, aku ingin padukan warna lain selain coklat, misalnya putih dengan pink ataupun hijau dengan kuning. Filling untuk coklat praline pun bisa bermacam2, bisa tanpa fiiling, bisa juga menggunakan selai, kacang tanah, kacang mede ataupun diberi perasa semacam mint untuk memberikan rasa yang sedikit berbeda dengan rasa coklat biasa.

Lagi2.. si model cilik Kei ikutan Narsis difoto untuk promosiin coklat Praline mamanya :)

Bagi sobat yang ingin membuat sendiri Coklat Praline seperti yang Sharingyuk bikin, aku kasih sedikit tips nih.. Proses pembuatannya cukup mudah kok, coklat batangan terlebih dahulu dipotong2 kecil masukkan kedalam wadah yang berbahan aluminium, kemudian tim dalam panci yang berisi air.  Dalam hal ini yang perlu diperhatikan, wadah yang berisi air HARUS lebih kecil dari wadah coklat itu sendiri, untuk menghindari cipratan air yang sewaktu2 dapat masuk kedalam wadah yang berisi coklat saat airnya mendidih, karena jika air rebusan masuk ke dalam coklat, maka praktis, texture coklat akan rusak, coklat tidak bisa cair dan akan sulit untuk dicetak, kalau pun bisa dicetak, maka warna coklat tidak akan bisa mengkilap.  

Jika uap air sudah cukup mendidih dan coklatpun sudah mulai leleh, matikan apinya dan diamkan coklat dalam wadah beberapa saat sampai texturenya sudah benar2 cair.  Setelah itu masukkan kedalam paping bag, gunting sedikit ujungnya dan mulailah mencetak.  Untuk membantu proses pengerasan coklat agar tidak membutuhkan waktu yang lama, coklat bisa dimasukkan kedalam lemari es selama kurleb 1 menit. Kemudian dinginkan pada suhu ruangan biasa, setelah benar-benar keras, coklat pun siap dikemas. Asal dalam mengemasnya cukup rapi dan tidak terlalu sering di udara terbuka, coklat pasti akan awet dalam 2-3 bulan kedepan.

Nah, cukup mudah khan sob.. Selamat mencoba sendiri dirumah yah.. :)



OOT : Saat aku asyik menulis postingan ini, ternyata ada pengumuman di twitter.  Aku menang games activity #liburanyukbunda di twitter yang diadain oleh Total Cemico Loba  dan dapet hadiah stock ditergent Total Harum selama 3 bulan, Alhamdulillahhhh... rejeki.. :)

Share this article :

28 komentar:

  1. wah aku jg mau donk dikasih coklatnya yah bunda.. :D

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Bun info dong kenapa aku buat coklat praline jadinya berkeringat ? Tolong bantu dijawab ya bun . Terimakasih☺️

      Hapus
    2. Mungkin terlalu lama di kulkas

      Hapus
  3. Coklatnya menggoda mbak...Itu Kei pasti udah kenyang banget maem coklat ya? hehehe

    BalasHapus
  4. Selamat ya telah menang kuis di twitter... hadiahnya bagi2 dong hahaha

    BalasHapus
  5. @Beni Saputra

    mau ? dateng aja ke surabaya mas, ntara aku kasih.. :)

    BalasHapus
  6. @catatan kecilku

    hehehe.. iya mb, tiap kali selesai nyetak dia mau bantuin ngasih cupnya tp selalu minta upah, sepotong 2 potong coklat.. :)

    BalasHapus
  7. @the others

    hehehe.. mau ta mb ren ?? ayo kerumah ntar tak kasih ditergent.. :D

    BalasHapus
  8. wah kue lebarannya sudah keluar nih mbak.. siang siang gini lihat kue coklat lumayan membuat jakun saya naik turun mbak hehehehehehe

    BalasHapus
  9. aku kirimin coklatnya dong tapi gratis ya ? Selamat atas kejutan hadiahnya.

    BalasHapus
  10. @Ngeblog-Bareng

    wah.. tahan dulu sob.. buka puasanya masih lama nih.. :)

    BalasHapus
  11. @Djangkaru Bumi

    susah klo dikirim... ntar lumer nyampe tujuan.. mending samperin aja kerumah.. :)

    BalasHapus
  12. wah, rajin banget nih bunda...bagi dong...coklat makanan kesukaan saya, walau kadang gigi ngilu mak ngiiiiiiing, tapi tetep...suka banget sama si doi.

    kunjungan pertama...salam kenal

    BalasHapus
  13. @Lina Marlianaeeh, bisa lumer di jalan ya Bund...? saya beberapa bulan lalu ngirim coklat oleh-oleh dari singapura ke Lombok...nggak papa tuh, sampai sana masih bagus..

    BalasHapus
  14. kalo di rumah ada coklat bakalan repot
    dijamin belepotan kemana mana :D

    BalasHapus
  15. meskipun mudah bikinnya...aku tetap aja nggak bisa bikin,
    selamat ya dapat detergen selama 3 bulan...luarbiasa :-)

    BalasHapus
  16. @khusna khairunnisa

    kwalitas coklat singapure beda sm indonesia kali bun.. merk coklat khan beda2,klo coklat yg aku pake ini, kualitas sedang2 aja bun.. tingkat lumernya jg lumayan.. kena panas matahari langsung bisa lumer loh..

    BalasHapus
  17. @Rawins

    ga disediain tissu seh.. jd ncit sm ncip habis makan coklat langsung towel sana sini.. :D

    BalasHapus
  18. bunda, klo buat bahannya pengen coklat yg gak lumer wlaupun kena sinar matahari itu merk nya apa ya? Kira2 harganya brp?

    BalasHapus
  19. thnks yaa infonya. jangan lupa kunjungi balik yaa

    BalasHapus
  20. Bun mau tanya coklat nya merek apa ya bun ?

    BalasHapus
  21. Bun mau tanya coklat nya merek apa ya bun ?

    BalasHapus
  22. Bun, biar cokelat nya gak kusam harus gimana ya?
    apa karena kelamaan di suhu ruang dan gak langsung di taruh di freezer ya?
    Mohob penjelasannya ya bun😊

    BalasHapus
  23. Mau pake coklat merk apa ajh tetep ajh lumer klo kena panas

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi NO PORNO, NO SARA dan NO SAMPAH yah..
Gunakan akun atau link anda, agar aku bisa mengunjungi anda kembali..
Terima kasih.. :)

Last Comment

Recent Comments Widget
 
Support : Maskolis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. sharingyuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger