Home » , , , » Hidup itu Sederhana...

Hidup itu Sederhana...

Beberapa waktu lalu, aku begitu berkonsentrasi membuat postingan untuk sebuah kontes blog, (yang namanya XcelBlog Competition yang banyak diikuti oleh emak-emak blogger, yang kemudian menghasilkan tulisan yang berjudul "Bee-ku, Kebanggaanku... Anak CEREBROVIT X-CEL ! ") sehingga tulisan yang sudah aku persiapkan sebelumnya terpaksa harus minggir dulu, karena ada yang lebih diprioritaskan. Kompetisi ini memang ditujukan untuk para emak yang memiliki anak remaja yang aktif.  Dimana emak harus menceritakan pengalamannya memberikan Multivitamin Cerebrovit X-Cel  untuk mendukung tumbuh kembang remajanya dalam berprestasi dibidang pendidikan maupun dalam pergaulan.  Saat ini, tinggal menunggu hasil penjurian dan pengumumannya di tgl. 22 Juli 2013. Mudah2an tulisanku menjadi berkah dibulan suci ini.. Amin.. :)


Ngomong2 tentang bulan suci Ramadhan, baru nyadar kalau celotehku diatas sudah out of topik.  Nah, sekarang, back to topik yah !   Di bulan penuh berkah ini hendaknya kita perbanyak ibadah dan kebajikan. Berpuasa adalah menahan diri kita dari segala hawa nafsu, nafsu makan, nasfu amarah, nafsu ingin menguasai segalanya, dan nafsu2 lainnya. Intinya agar kita menjadi pribadi yang lebih sederhana, menerima diri kita apa adanya dan mensyukuri apapun yang sudah kita dapatkan. Agar kita bisa menjadi manusia yang bahagia baik di dunia dan diakhirat nantinya.  Gimana sih agar kita bisa merasa bahagia dalam kondisi apapun ?  Mudah aja, berpikirlah secara sederhana, karena sebenarnya.. hidup ini cukup sederhana.   

Coba kita simak beberapa cerita singkat dibawah ini.  Mungkin ada banyak ratusan blog yang menulis tentang cerita2 singkat ini, namun  aku sengaja menulisnya kembali disini dan tak ada salahnya kalau kita kembali membacanya, merenungkannya dan mengambil hikmahnya.




Seorang anak berkata kepada ibunya: "Ibu hari ini sangat cantik." Ibu bertanya: "Mengapa?" Anak menjawab: "Karena hari ini ibu sama sekali tidak marah-marah. "

Ternyata untuk memiliki kecantikan sangatlah mudah, hanya perlu tidak  marah-marah .
**********

Ada seorang anak menjadi murid di toko sepeda. Suatu saat ada seseorang yang mengantarkan sepeda rusak untuk diperbaiki di  toko tsb. Selain memperbaiki sepeda, si anak ini juga membersihkan sepeda hingga bersih mengkilap. Murid-murid lain menertawakan perbuatannya. Keesokan hari setelah sang empunya sepeda mengambil sepedanya, si adik kecil ditarik/diambil kerja di tempatnya.

Ternyata untuk menjadi orang yang berhasil sangat mudah, cukup punya inisiatif sedikit saja.
**********

Seorang petani menyuruh anaknya setiap hari bekerja giat di sawah. Temannya berkata: "Tidak perlu menyuruh anakmu bekerja keras, Tanamanmu tetap akan tumbuh dengan subur. " Petani menjawab: "Aku bukan sedang memupuk tanamanku, tapi aku sedang membina anakku."

Ternyata membina seorang anak sangat mudah, cukup membiarkan dia rajin bekerja .
**********

Ada seseorang saat melamar kerja, memungut sampah kertas di lantai ke dalam  tong sampah, dan hal itu terlihat oleh peng-interview, dan dia mendapatkan  pekerjaan tersebut.

Ternyata untuk memperoleh penghargaan sangat mudah, cukup memelihara kebiasaan yang baik .
**********

Ada segerombolan orang yang berjalan di padang pasir, semua berjalan dengan berat, sangat menderita, hanya satu orang yang berjalan dengan gembira. Ada yang bertanya: "Mengapa engkau begitu santai?" Dia menjawab sambil tertawa: "Karena barang bawaan saya sedikit."

Ternyata sangat mudah untuk memperoleh kegembiraan, cukup tidak serakah dan memiliki secukupnya saja.
********** 

Seorang pelatih bola berkata kepada muridnya: "Jika sebuah bola jatuh ke dalam rerumputan, bagaimana cara mencarinya? " Ada yang menjawab: "Cari mulai dari bagian tengah. " Ada pula yang menjawab: "Cari di rerumputan yang cekung ke dalam. " Dan ada yang menjawab: "Cari di rumput yang paling tinggi. " Pelatih
memberikan jawaban yang paling tepat: "Setapak demi setapak cari dari ujung rumput sebelah sini hingga ke rumput sebelah sana ."

Ternyata jalan menuju keberhasilan sangat gampang, cukup melakukan segala sesuatunya setahap demi 
setahap secara berurutan, jangan meloncat-loncat.
**********

Katak yang tinggal di sawah berkata kepada katak yang tinggal di pinggir jalan: "Tempatmu terlalu berbahaya, tinggallah denganku." Katak di pinggir jalan menjawab: "Aku sudah terbiasa, malas untuk pindah. " Beberapa hari kemudian katak "sawah" menjenguk katak "pinggir jalan" dan menemukan bahwa si katak sudah mati dilindas mobil yang lewat.

Ternyata sangat mudah menggenggam nasib kita sendiri, cukup hindari kemalasan saja.
**********


Setelah menyimak beberapa cerita singkat diatas, mudah2an bisa kita ambil hikmahnya, berpikir secara sederhana untuk memperoleh kebahagiaan hidup.  Karena ternyata.. Hidup ini Sederhana ... :)


sumber : unknown (penulis lupa, maaf yah..  :D)
Share this article :

17 komentar:

  1. Malas termasuk 'penyakit' yang cukup sulit dihindari bagi sebagian orang.
    'Instan' banyak disukai langsung hidup enak tanpa bekerja keras.
    Sudah punya segunung emas masih ingin gunung emas yang lain.
    Lebih mudah melakukan kebiasaan jelek.
    Jarang inisiatif diambil.
    Marah menu harian, sabar menu mingguan atau bulanan.
    Hidup itu 'medan perjuangan'
    Berbahagialah bagi orang yang memenangkannya!

    BalasHapus
  2. selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan,
    bila ada salah kata, salah baca, salah tulis dan salah komentar..mohon dimaafkan lahir batin...salam :-)

    BalasHapus
  3. selamat menikmati indahnya romadlon, semoga lebaran bisa senyum terus hihi

    BalasHapus
  4. @Herdoni Wahyono

    bener mas, hidup itu medan perjuangan, kalau kita bijak dalam berpikir sederhana dan bijak dalam bertindak, pasti kita bisa memenangkan medan perang itu.. :)

    BalasHapus
  5. @BlogS Of Hariyanto

    :D OK mas, masa2 yah.. meski tangan tak bisa saling menjabat.. tp tulisan ini bisa mewakili kita untuk saling memaafkan.. Selamat berpuasa.. :)

    BalasHapus
  6. @Muhammad A Vip

    Amin.. asal ga senyum2 sendiri yah.. ntar dikira orgil.. xixixiii

    BalasHapus
  7. org2 lain kadang mikirnya hidup ini begitu susaaaaaah
    padahalbisa dibuat lebih sederhana

    BalasHapus
  8. @attayaya

    :) bener banget mas.. makasih yah sdh mampir..

    BalasHapus
  9. Walaupun sederhana tetap harus dibuat luar biasa...

    BalasHapus
  10. @Rahmat Aziz

    Bener banget.. biar ada yg bisa dikenang selama hidup.. :)

    BalasHapus
  11. setuju sekali...hidup kita sebenarnya memang sederhana ya...kita sendiri lah yang kadang membuatnya jadi njelimet kaya benang kusut :)

    BalasHapus
  12. setuju pisan, terutama kalau pengen berhasil, jangan meloncat loncat. berhasilnya ngga malah jadi kodok nantinya...hehehe

    BalasHapus
  13. @wewengkon sumedang

    bener mas, namun kadang proses njelimetnya itu yg berharga untuk bisa dijadikan pengalaman.. bener ga ?

    BalasHapus
  14. @Cilembu thea

    klo meloncat, jadi kodok, kalau ngesot jadi apa ?? suster ngesot yah,... wkwkwkkk

    BalasHapus
  15. BUat paragraf kedua: "Wakakaakkk... ternyata sadar juga akhirnya..."

    Met menjalankan Ibadah Puasa ya Mbak...

    BalasHapus

Silahkan berkomentar, tapi NO PORNO, NO SARA dan NO SAMPAH yah..
Gunakan akun atau link anda, agar aku bisa mengunjungi anda kembali..
Terima kasih.. :)

Google+

Last Comment

Recent Comments Widget
 
Support : Maskolis | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. sharingyuk - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger